Berikut Enam Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan Kita

header niko 728 x 90

dampak buruk stres

InspirasiBersama.com – Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti merasakan yang namanya stres. Untuk penyebabnya bermacam-macam, mulai dari masalah keluarga, pacar, pekerjaan yang menumpuk, diberhentikan dari pekerjaan, pasangan selingkuh, mendapat nilai jelek, dll. Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang menjadi stres. Ternyata stres akan berdampak buruk pada kesehatan kita, diantaranya :

1. Ngemil
Tahukah kita bahwa saat seseorang mengalami stres maka akan mendorong untuk banyak makan atau ngemil. Berdasarkan hasil penelitian, hal ini dikarenakan adanya pengaruh hormon kortisol yang meningkat saat seseorang mengalami stres. Saat hormon kortisol meningkat, maka akan mempengaruhi otak kita untuk mendorong banyak makan atau ngemil. Bahkan untuk jenis makanan yang sering dikonsumsi adalah jenis makanan yang banyak mengandung gula dan lemak. Jika hal ini sering kita alami, maka akan meningkatkan resiko peningkatan berat badan bahkan sampai pada obesitas.
2. Penimbunan lemak
Munculnya penimbunan lemak dalam tubuh kita bisa dipengaruhi karena stres. Saat kita mengalami stres, maka akan ada peningkatan hormon kortisol dalam tubuh kita. Menurut salah seorang pakar diet ternama dari Mayo Clinic mengatakan hormon kortisol yang meningkat akan bisa mempengaruhi jumlah jaringan lemak dalam tubuh. Untuk itu mereka yang sering mengalami stres, maka meningkatkan resiko penumpukan banyak lemak terutama pada perut sehingga terlihat buncit.

Baca Juga  Tips Mengenali Kadar Kolesterol Yang Tinggi

3. Mengurangi kesehatan jantung
Berdasarkan sebuah hasil studi mengatakan bahwa seseorang yang sering mengalami stres, bisa meningkatkan resiko penurunan fungsi jantung. Hal ini sering terjadi pada mereka yang bekerja dengan penuh resiko yang harus mengambil keputusan yang tepat sehingga sering membuat seseorang menjadi stres. Bahkan berdasarkan hasil studi, pekerjaan yang demikian bisa meningkatkan resiko serangan jantung sampai 23 persen. Untuk menghindari hal ini sangat disarankan untuk menerapkan pola gaya hidup sehat serta berusaha untuk bisa mengurangi rasa stres.

Baca Juga  Manfaat Mengkonsumsi Jus Ceri Bagi Kesehatan

4. Insomnia
Salah satu dampak buruk sering stres adalah kita akan mengalami insomnia atau sulit mengawali tidur. Saat seseorang mengalami stres, maka akan membuat kondisi hyperarousal yaitu dimana kita tidak merasakan ngantuk. Hal ini akan sangat buruk bagi kesehatan kita secara menyeluruh. Untuk itu kita harus berusaha agar tidak mudah stres dengan rajin melakukan olahraga dan melatih tubuh untuk tidur tepat waktu.

5. Sakit kepala
Sakit kepala atau migrain juga bisa disebabkan karena stres. Hal ini dikarenakan saat kita mengalami stres, maka akan memunculkan kortisol dan adrenalin (epineprin) yang bisa mempengaruhi vaskuler darah. Kondisi inilah yang bisa memicu seseorang mengalami migrain atau sakit kepala.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengetahui Seorang Anak Mengalami Gangguan Kecemasan ?

6. Rambut rontok
Ternyata sering mengalami stres akan memicu perontokan rambut. Hal ini disebabkan saat kita mengalami stres, maka secara otomatis sistem imun tubuh kita mengalami penurunan sehingga sering kita mengalami alopecioa stres yang bisa memicu kerontokan rambut.

Sumber : intisari-online.com

Artikel Terkait : Apa Tanda-tandanya Kalau Kita Mengalami Stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *