Berikut Cara Mengatasi Tumit Yang Kering dan Pecah-pecah

header niko 728 x 90

tumit pecah 2

InspirasiBersama.com – Bagi seorang wanita yang sangat mengedepankan kecantikan, tumit merupakan bagian tubuh yang juga harus mendapatkan perhatian yang khusus. Bukan hanya menjaga kecantikan wajah saja, tumit juga harus dijaga agar tidak mudah pecah-pecah. Berikut cara mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah.

Bagi beberapa wanita, memiliki tumit yang halus adalah impian yang besar. Bukan bermaksud untuk dipamerkan kepada orang lain, memiliki tumit yang mulus merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang wanita. Bukan hanya itu saja, tumit yang kering dan pecah-pecah juga bisa beresiko menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh kita. Untuk itu penting juga menjaga kesehatan tumit agar tidak kering dan pecah-pecah.

Coba kita bayangkan jika tumit kita kering dan pecah-pecah. Maka saat kita tersentuh dengan air atau benda lainnya akan menimbulkan rasa perih yang bisa menimbulkan resiko infeksi banyak bakteri yang bisa masuk. Jika kita membiarkannya, maka resiko besar infeksi akan mengancam kesehatan kita.

Berikut cara mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah dengan menggunakan bahan alami :

Ketahui faktor penyebab dan hindari
Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah adalah dengan mengenali penyebab tumit kita kering dan pecah-pecah. Tumit yang kering dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya penyakit tertentu, penggunaan obat, faktor cuaca, berat badan berlebih atau karena cacat. Kalau disebabkan karena penyakit atau cacat, maka bisa dibilang sulit untuk mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah tadi.

Baca Juga  Apakah Anak Yang Mengalami Sakit Amandel Tak Boleh Minum Es ?

Jika masalah pada tumit disebabkan karena bukan faktor penyakit dan cacat, maka yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah menghindari penyebab yang menyebabkan tumit menjadi kering dan pecah-pecah.

Jika tumit kering dan pecah-pecah disebabkan karena faktor pemakaian obat tertentu, maka kita harus menghindari penggunaan obat yang membuat tumit menjadi kering dan pecah-pecah. Selain itu jika disebabkan karena faktor obesitas, maka langkah efektif yang harus kita lakukan adalah melakukan diet agar berat badan kita bisa turun sehingga tidak membuat tumit kita menjadi kering dan pecah-pecah.

Lebih rajin merawat dan membersihkan
Setelah kita mengetahui penyebab tumit kita menjadi kering dan pecah-pecah, maka selanjutnya adalah ita harus lebih memperhatikan kebersihan dan lebih merawat tumit. Kita tidak boleh hanya memperhatikan kesehatan wajah saja agar terlihat cantik, tumit merupakan bagian tubuh yang penting juga untuk kita jaga lebersihannya. Apapun bagian tubuh kita, jika kita rawat dengan baik dan rajin membersihkannya, maka akan terjaga kesehatannya.

Baca Juga  Dampak Buruk Anak Suka Camilan Manis Memicu Konsumsi Gula Lebih Banyak

Upayakan kelembaban tumit
Salah satu cara mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah adalah dengan menjaga kelembaban tumit kita. Anda bisa menjaganya dengan cara melakukan perendaman dengan menggunakan air hangat, menggunakan lotion, memakai scrub, mengoleskan minyak atau pelembab alami pada tumit kita.

Kita bisa memanfaatkan bahan alami untuk dibuat sebagai masker pada tumit kita. Contohnya adalah buah pisang, alpukat, lemon, pepaya dan labu siam. Olah menjadi masker dengan cara menambahkan madu terus kita manfaatkan dengan mengoleskan kepada tumit kita.

Baca Juga : Cara Mencegah Agar Kaki Tidak Mudah Lecet

Menyempurnakan dengan makanan
Kondisi tumit yang kering dan pecah-pecah sangat erat kaitannya dengan faktor asupan nutrisi yang kita konsumsi. Kondisi tumit yang kering dan pecah-pecah menjadi tanda kalau kita kekurangan zat besi, asam lemak, omega 3, seng, serta berbagai vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Solusinya adalah kita harus konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita tersebut.

Jaga dan ubah kebiasaan
Tips terakhir mencegah tumit agar tidak kering dan pecah-pecah adalah dengan cara merubah pola kebiasaan buruk yang biasa kita lakukan kepada tumit kita. Kebiasaan buruk itu bisa seperti suka menggaruk tumit sampai perih, suka tidak memakai alas kaki, sering berdiri dalam waktu yang lama dan beberapa aktivitas yang memicu tumit kering dan pecah-pecah.

Baca Juga  Benarkah Kebanyakan Orang Tidak Bahagia Saat di Tempat Kerja ?

Selain itu penting juga untuk memperhatikan penggunaan sepatu yang aman bagi kesehatan tumit kita. Pilih sepatu yang nyaman serta selalu gunakan kaos kaki untuk melindungi tumit agar tidak kering dan pecah-pecah.

Kebanyakan orang menganggap hal ini adalah remah, namun bisa memicu tumit kita menjadi kering dan pecah-pecah. Dengan menggunakan sepatu yang nyaman dan selalu menggunakan kaos kaki, maka kelembaban tumit kita akan terjaga sehingga meminimalisir resiko kering dan pecah-pecah.

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Tumit Yang Sering Nyeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *