Berikut Alasan Minum Kopi Bisa Mengatasi Masalah BAB Tidak Lancar

header niko 728 x 90

manfaat kopi

InspirasiBersama.com – Sering kita mendengar bahwa dengan minum kopi bisa melancarkan BAB. Ternyata hal itu memang benar. Apabila kita mempunyai masalah tentang buang air besar, maka minum kopi bisa menjadi alternatif yang bisa dilakukan.

 
Sekarang pertanyaannya adalah mengapa kopi bisa mengatasi masalah susah buang air besar ?. Hal ini disebabkan karena saat kita mengkonsumsi kopi, maka kontraksi atau pergerakan makanan dalam usus akan lebih aktif sehingga membuat proses pembuangan feses menjadi lebih lancar.

 
Dalam sebuah studi tentang kopi juga menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi kopi, maka akan membuat pergerakan pada usus menjadi 60 persen lebih kuat. Bahkan kopi bisa mengalahkan air hangat.

Baca Juga  Hasil Survey : Jumlah Orang Gemuk Terus Meningkat

 
Kita tahu bahwa dalam kopi terkandung banyak zat yang salah satunya adalah kafein. Saat kita mengkonsumsi kopi, maka disaat kopi masuk ke dalam lambung akan terjadi banyak pelepasan hormon dalam tubuh kita. Selain kafein, kopi juga mengandung zat motilin yang mampu merangsang usus kita untuk meningkatkan frekuensi kontraksi.

 

Bukan hanya itu saja, kandungan gastrin dalam kopi juga menyebabkan meningkatnya produksi asam lambung.

 
Oleh karena itulah, tidak heran jika seseorang setelah mengkonsumsi kopi akan merasakan perut yang mulas dan keinginan untuk BAB. Untuk itu konsumsi kopi disaat ada masalah dengan buang air besar yang jarang bisa menjadi solusi yang efektif.

Baca Juga  Bagaimana Posisi Tidur Yang Dianjurkan Bagi Wanita Hamil ?

 
Bagi kita yang tidak tawar saat mengkonsumsi kopi untuk mengatasi sembelit, maka kita bisa mengatasinya dengan cara alami yaitu banyak konsumsi cairan dan serat yang banyak terdapat pada buah. Hal ini disebabkan karena ada beberapa orang yang merasa detak jantung menjadi cepat atau mual setelah mengkonsumsi kopi.

 

Jika kita hendak melakukan perjalanan jauh, maka disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi sebelumnya. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan kita sering ke kamar belakang untuk buang air kecil atau buang air besar.

Baca Juga  Ini Tandanya Kalau Kita Terlalu Banyak Konsumsi Gula Saat Puasa

Itulah alasan mengapa minum kopi bisa mengatasi BAB yang tidak lancar. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat. Terima kasih

Artikel Terkait : Konsumsi Kafein Secara Berlebihan Bisa Merusak Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *