Berat Badan Yang Terlalu Gemuk Ataupun Yang Terlalu Kurus Dapat Mempengaruhi Kesuburan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kehadiran seorang anak memang sangat penting dalam sebuah keluarga. Dengan hadirnya buah hati keluarga akan terasa lebih lengkap. Namun masih banyak pasangan suami istri yang belum di karuniai buah hati.

Masalah kesuburan pada pria ataupun wanita sering menjadi alasan uatamanya. Sebenarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan pada pria ataupun wanita. Salah satunya ialah karena faktor obesitas ataupun mempunyai berat badan yang terlalu kurus.

sumber gambar : http://agarcepathamil.org

Seperti yang pernah di jelaskan oleh Dokter spesialis obstetri dan genekologi yang bernama Yassin Yanuar, Orang yang mempunyai berat badan terlalu gemuk (obesitas) metabolisme tubuhnya tidak bagus, kinerja insulinnya terganggu.

Baca Juga  Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-anak

Baca Juga : Pentingnya Berat Badan Ideal Saat Hamil

Seseorang dikatakan obesitas jika indeks massa tubuhnya diatas 30, dan seseorang akan dikatakan kurus jika indeks massa tubuhnya dibawah 18.

Dan bagi wanita yang terlalu gemuk proses ovulasinya atau kematangan telur akan terganggu. Jika untuk laki laki yang obesitas dapat mempengaruhi kualitas sperma.

Diantara tanda tanda pada wanita yang mengalami gangguan ovulasi ialah siklus haidnya tidak teratur. Sedangkan pada wanita yang terlalu kurus juga dapat mengalami kesulitan hamil dikarenakan kekurangan lemak serta malnutrisi.

Baca Juga  Jenis Makanan Yang Mengandung Zat Besi Selain Daging Merah

Seorang wanita yang tergolong kurus atau hanya mempunyai indeks massa tubuh kurang dari 18 juga rentan untuk sulit hamil. Kondisi ini disebabkan karena mengalami malnutrisi dan kurang lemak tubuh.

Seorang wanita yang terlalu kurus, bisa berakibat tidak mengalami haid. Hal ini disebabkan karena subtrat dari hormon reproduksi wanita berupa kolesterol.

Para pakar menyarankan kepada anda yang mengalami gangguan kesuburan yang disebabkan karena kegemukan atau terlalu kurus, disarankan untuk merubah gaya hidup terlebih dahulu.

Misalnya saja anda mengalami berat badan yang tergolong obesitas, maka disarankan untuk merubah gaya hidup dengan melakukan olahraga secara teratur agar berat badan bisa lebih ideal.

Baca Juga  Hubungan Diabetes Dengan Konsumsi Fluorida

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa dengan bisa menurunkan berat badan sampai 5 persen saja, maka prosentase untuk mengalami haid akan lebih tinggi yaitu sekitar 60 sampai 70 persen.

Artikel Terkait : Ciri Tubuh Kurus Namun Banyak Timbunan Lemak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *