Berat Badan Seseorang Juga dipengaruhi Oleh Bakteri Pada Usus

header niko 728 x 90

kesehatan usus

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berat badan seseorang bisa dipengaruhi oleh bakteri pada usus. Hal ini sesuai dengan hasil studi terbaru yang mengatakan bahwa adanya hubungan antara obesitas dengan bakteri pada usus. Usus merupakan organ pencernaan yang banyak dihuni oleh berbagai macam mikroba yang sangat mempengaruhi metabolisme dan berat badan.

Dalam usus kita terdapat jutaan mikroorganisme yang mempunyai manfaat bagi kesehatan. Namun ada juga jenis mikroba yang justru berdampak kurang baik bagi kesehatan. Adanya bakteri yang baik pada usus kita membuat kita terhindar dari berbagai masalah kesehatan misalnya peradangan, mengurangi resiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan pencernaan.

Baca Juga  Dampak Positif dan Negatif Pornografi Bagi Kehidupan Seksual

Hal ini menunjukkan kalau flora yang terdapat pada usus masing-masing orang mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesehatan yang bisa mencegah kita dari berbagai macam penyakit dan tentunya mencegah seseorang dari kondisi obesitas.

Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan di Belanda menyatakan bahwa ada sekitar 34 jenis bakteri yang erat kaitannya dengan berat badan kita. Dengan mengidentifikasi jenis bakteri tersebut maka bisa menjadi patokan kesehatan pencernaan yang berpengaruh pada berat badan.

Secara alamiah saat kita mengkonsumsi berbagai jenis makanan, maka saat masuk pencernaan atau usus akan terjadi sebuah proses mencerna makanan yang dibantu oleh mikroorganisme yang terdapat pada usus.

Baca Juga  Pentingnya Mematikan Gadget Satu jam Sebelum Tidur

Untuk memecah aneka sumber makanan yang masuk dalam tubuh misalnya karbohidrat, glukosa dan lemak akan membutuhkan suatu bakteri yang terdapat pada usus. Beberapa nutrisi tersebut akan diproses dalam usus kita oleh berbagai macam jenis bakteri atau mikroorganisme.

Bukan hanya itu saja, ternyata keberadaan bakteri yang terdapat pada usus juga mempengaruhi berbagai hormon yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan seseorang. Selain itu mengukur kecepatan proses makanan yang masuk melalui usus.

Oleh karena itu untuk mendapatkan banyak bakteri baik pada usus kita maka sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi yogurt dan probiotik. Kita tahu bahwa jenis makanan tersebut kaya akan bakteri yang sangat baik bagi kesehatan usus kita.

Baca Juga  Manfaat Jika Melakukan Olahraga Secara Teratur

Artikel Terkait : Dengan Rajin Berolahraga Maka Usus dan Otak Kita Akan Semakin Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *