Berat Badan Meningkat Justru Saat Puasa

header niko 728 x 90

berat badan meningkat saat puasa

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang mengalami peningkatan berat badan saat puasa. Mengapa hal ini bisa terjadi ?. Saat kita menjalankan ibadah puasa, maka minum es teh manis saat berbuka puasa memang dirasa sangat nikmat dan menyegarkan. Rasa haus dan dahaga selama seharian akan terobati saat kita minum-minuman manis dingin dan segar pada saat berbuka.

Menu minuman es manis memang menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menjalani puasa. Apalagi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia yang hidup dalam iklim yang tropis yang cenderung panas. Namun biasanya saat berbuka puasa kita tidak hanya minum-minuman yang manis yang dingin saja, sering juga kita berlanjut untuk mengkonsumsi jenis minuman lain yang tidak kalah manisnya yaitu kolak.

Apabila anda berharap dengan menjalankan puasa kita bisa menurunkan berat badan, maka harapan itu tinggal angan-angan saja kalau ternyata pola makan kita saat sahur dan berbuka puasa seperti yang kita sebutkan diatas. Alih-alih berat badan bisa turun, yang ada malah naik.

Baca Juga  Hubungan Penyakit Jantung Dengan Penggunaan Minyak Goreng

Menurut seorang pakar gizi yang bernama Saptiawati Bardosono mengatakan bahwa seseorang yang mengalami peningkatan berat badan saat berpuasa lebih disebabkan karena kesalahan dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi baik saat sahur dan berbuka.

Secara ilmiah, saat seseorang banyak mengkonsumsi jenis makanan atau minuman yang manis, maka akan membuat otak kita memberikan sinyal kalau apa yang kita makan belum memuaskan tubuh. Hal ini yang membuat kita akan terus mengkonsumsi banyak makanan.

Saat seseorang banyak mengkonsumsi banyak makanan atau minuman yang manis, maka secara cepat akan meningkatkan kadar gula darah kita. Memang reaksinya akan cepat untuk membuat tubuh kita bertenaga kembali. Namun kondisi ini tidak berlangsung lama, setelah itu kita akan merasakan tubuh yang lemas, malas, mengantuk meskipun kalau dipikir-pikir kita sudah banyak mengkonsumsi banyak kalori.

Apalagi saat datang bulan Ramadhan seperti ini, dalam rumah kita akan lebih banyak tersedia jenis makanan dan minuman yang hampir kebanyakan bersifat manis yang nikmat sekali untuk kita konsumsi saat berbuka puasa.

Baca Juga  Tips Mudah Mencegah Penyakit Dengan Banyak Melakukan Aktivitas Fisik

Baca Juga : Apa Bahayanya Jika Sering Menunda Berbuka Puasa ?

Apabila anda mengharapkan berat badan lebih ideal saat datangnya lebaran nanti, maka sangat disarankan untuk mengganti menu makanan kita yang cenderung suka makan manis dengan menu manis lainnya yang lebih menyehatkan seperti kurma dan buah-buahan.

Yang penting juga untuk kita perhatikan selama puasa adalah menjaga asupan air putih yang cukup agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi. Dalam memilih jenis buah-buahan, maka disarankan untuk mengkonsumsi buah yang banyak mengandung air seperti semangka dan melon saat berbuka puasa.

Ada banyak menu makanan yang perlu kita perhatikan saat menjalankan puasa. Misalnya menu makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat kompleks. Untuk mendapatkan asupan ini kita bisa mengkonsumsi nasi merah, nasi hitam dan kentang rebus.

Selain memperhatikan jenis karbohidrat yang kita konsumsi, kandungan protein juga sangat penting bagi tubuh. Kita harus cukup asupan protein yang banyak terdapat dalam ikan, telur, daging dll. Yang tidak kalah pentingnya agar berat badan kita tidak naik saat puasa adalah mengurangi konsumsi makanan berlemak seperti gorengan, makanan cepat saji dll.

Baca Juga  Pentingya Mengganti Kacamata Hitam Dua Tahun Sekali

Yang menjadi kunci agar berat badan kita tidak naik selama puasa adalah mengatur jumlah makanan yang kita konsumsi. Jangan suka makan secara berlebihan. Batasi jumlah makanan manis, batasi makanan berkarbohidrat, batasi makanan yang banyak mengandung lemak. Jangan suka makan dalam jumlah yang besar yang bisa memicu peningkatan berat badan dan berbagai macam penyakit.

Artikel Terkait : Jangan Minum Teh Terlalu Banyak Saat Sahur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *