Berapa Lama Kita Boleh Menahan Kencing ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saya yakin hampir setiap orang pernah menahan kencing karena alasan tertentu. Pada kondisi tertentu misalnya saat berada di kendaraan umum, menahan rasa ingin kencing memang tak bisa terhelakkan lagi. Padahal menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa kebiasaan sering menahan kencing berdampak kurang baik bagi kesehatan.

sumber gambar : http://cantiksehatgue.blogspot.co.id

Menurut para dokter spesialis urologi menyatakan bahwa sering menahan kencing dalam waktu yang lama akan berdampak buruk pada gangguan elektrolit serta metabolik tubuh. Ini artinya jika kebiasaan ini sering kali kita lakukan, maka bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit gagal ginjal.

Baca Juga  Makanan Yang Bisa Menyebabkan Kanker Pada Usus

Bukan hanya itu saja, kebiasaan sering menahan kencing dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan munculnya infeksi. Kondisi ini disebabkan karena kondisi kandung kemih yang penuh dengan urine namun tidak segera kita kosongkan. Bila kondisi ini sering kali terjadi, maka bisa mengakibatkan kandung kemih menjadi pecah.

Melihat banyaknya dampak buruk akibat sering menahan kencing ini, maka para pakar kesehatan sangat menyarankan untuk tidak membiasakan menahan kencing dalam waktu yang lama. Sebaiknya tidak menahan kencing lebih dari 3 jam.

Baca Juga  Ternyata Orang Yang Gemuk Belum Tentu Identik Dengan Penyakit

Indikasi adanya rasa ingin buang air kecil merupakan sebuah sinyal dari otak yang sudah bekerja sama dengan organ dalam tubuh khususnya ginjal dan organ perkemihan lainnya. Kondisi ini mengisyaratkan bahwa kita disuruh untuk melakukan buang air kecil karena tampungan urine pada kandung kemih sudah penuh. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka bisa memicu munculnya penyakit.

Baca Juga  Sering Merasa Mengeluh ? Coba Atasi Dengen Melakukan Hal Berikut

Artikel Terkait : Tips Mengenali Gejala Gagal Ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *