Benarkah Tinggi Badan Bisa Mempengaruhi Penyebab Kematian Seseorang ?

header niko 728 x 90

faktor tinggi badan

InspirasiBersama.com – Pernahkah anda berfikir bahwa tinggi badan seseorang bisa mempengaruhi penyebab kematian. Ya, dalam 130 hasil studi yang dilakukan oleh para ilmuwan yang meneliti sebab kematian hampir 1,1 juta orang menemukan bahwa ada hubungan antara tinggi badan terhadap penyebab kematian seseorang.

Menurut seorang peneliti yang berasal dari University College London yang bernama David Batty mengatakan dahulu para perusahaan asuransi menganggap tinggi badan sebagai acuan dalam menentukan ketahanan hidup seseorang. Hal ini sudah dilakukan penelitian yang termasuk dalam skala yang besar.

Para peneliti melakukan pengamatan terhadap orang yang lahir pada tahun 1900-1960. Dimana ada sekitar 45% merupakan orang dengan kulit putih yang merupakan warga Amerika dan Eropa. Dari sekian banyak orang yang diteliti, rata-rata tinggi badan pria adalah 172,72 cm sedangkan pada wanita mempunyai tinggi rata-rata 164,7 cm.

Baca Juga  Sering Mengalami Rambut Yang Mulai Rontok ? Mungkin Ini Solusinya

 
Menurut para peneliti, adanya hubungan antara tinggi badan terhadap faktor penyebab kematian seseorang kemungkinan disebabkan oleh faktor kesehatan mereka selama masa kecil. Selain itu tinggi badan seseorang juga sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dari orang tuanya. Namun tinggi badan seseorang juga bisa menjadi acuan tingkat nutrisi, lingkungan sosial dan genetik seseorang.

 
Bagi seseorang yang mempunyai tinggi badan yang pendek, bisa disebabkan oleh faktor genetik. Selain itu faktor kekurangan nutrisi, infeksi dan trauma mental bisa menyebabkan seseorang memiliki tinggi badan yang pendek atau di bawah rata-rata.

Baca Juga  Alasan Tidak disarankan Membeli Obat Secara Online

Selain itu fakta bahwa mereka yang mempunyai tinggi badan bagus dan semampai kenyataannya lebih disukai dan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan layak dibandingkan dengan mereka yang mempunyai tinggi badan pendek. Hal inilah yang sering kali terjadi bahwa mereka yang mempunyai tinggi badan pendek kerap mengalami masalah mental.

Selain itu dalam sebuah penelitian lain juga menyebutkan bahwa mereka yang mempunyai tinggi badan yang tinggi, lebih cenderung untuk memiliki badan yang langsing, suka melakukan olahraga dan tidak menyukai merokok. Dengan kebiasaan seperti ini maka orang tinggi akan lebih sehat karena mempunyai kadar kolesterol yang lebih rendah dan tekanan darah yang lebih normal.

Baca Juga  Alasan Mengapa Bayi Yang Baru Lahir Mempunyai Bau Yang Enak

Hal itulah yang menyebabkan mengapa orang yang mempunyai tinggi badan tergolong pendek lebih sering mengalami meninggal dunia yang disebabkan karena masalah kardiovaskular atau gangguan pada jantung dan pembuluh darah.

Artikel Terkait : Apa Dampak Serius Jika Memiliki Berat Badan Yang Berlebih ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *