Benarkah Tes Kehamilan Harus Dilakukan Pada Pagi Hari ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Benarkah tes kehamilan harus dilakukan pada pagi hari ? Saat kita hendak melakukan tes kehamilan, maka ada banyak sekali merek yang tersedia. Terkadang kita bingung mana yang bisa memberikan hasil yang akurat.

Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang berbagai merek alat tes kehamilan yang bisa kita gunakan secara mandiri di rumah :

sumber gambar : konsula.com

– Semua alat mengukur hal yang sama
Hal pertama yang perlu diketahui saat memilih alat tes kehamilan adalah semua merek yang anda beli mengukur hal yang sama. Semua jenis tes kesehatan yang beredar akan mengukur urine untuk mengetahui kadar hormon human chorionic gonadotropin(HCG).

Baca Juga  Bagaimana Cara Mencuci Tangan Yang Benar ?

Secara alamiah hormon ini ada pada tubuh kita meskipun tidak sedang hamil. Namun pada saat kita hamil, maka jumlah hormon ini akan mengalami peningkatan. Jadi kalau dilakukan tes kehamilan, maka menunjukkan kadar hormon HCG yang kadarnya lebih dari 25 IU.

– Waktu terbaik di pagi hari
Perlu diketahui juga bahwa waktu yang tepat untuk mengukur tes kehamilan dengan alat tes kehamilan yang banyak dijual adalah pada pagi hari setelah kita bangun dari tidur. Mengapa hal ini sangat disarankan ? Ternyata hal ini disebabkan karena pasca bangun tidur atau pagi hari adalah waktu dimana jumlah HCG dalam tubuh akan banyak menumpuk dalam urin yang banyak terdapat pada kendung kemih.

Baca Juga  Mengukur Tingkat Keamanan Persalinan Dalam Air

– Harga yang mahal berarti lebih akurat
Saat ini ada banyak sekali beredar berbagai merek alat tes kehamilan dari yang manual sampai digital. Untuk jenis yang digital memang memiliki harga yang lebih mahal, namun dari segi keakuratan tidak memiliki perbedaan yang terlalu banyak dalam hal mengukur kadar hormon HCG dalam urine.

– Kondisi kesehatan pengaruhi hasil tes
Bagi anda yang saat ini sedang menjalani terapi kesuburan, maka biasanya akan mengalami peningkatan kadar HCG dalam urine. Saat dilakukan tes kehamilan juga akan menunjukkan hasil yang meningkat, namun anda tidak mengalami hamil. Hal ini bisa disebabkan karena adanya masalah pada kelenjar pituitari yang bisa meningkatkan kadar hormon HCG.

Baca Juga  Ternyata Kegemukan Bisa Disebabkan Karena Sering Nyetir Lama

– Percayai hasil tes
Bagi anda yang sudah melakukan tes kehamilan sebanyak dua kali dan hasilnya positif, maka sebaiknya anda percaya kalau sedang hamil. Banyak orang yang tak percaya dan akhirnya memeriksakan diri ke dokter. Hal ini sebenarnya tak perlu dilakukan.

Artikel Terkait : Sering Konsumsi Kafein Saat Hamil Bisa Meningkatkan Resiko Keguguran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *