Benarkah Susu Mentah Lebih Banyak Nutrisinya?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Susu mentah biasanya di dapat dari beberapa hewan perah seperti sapi, kambing etawa, domba, dan hewan lainnya yang masih belum dipasteurisasi.

Kebanyakan orang mempunyai anggapan jika nutrisi yang terkandung di dalam susu mentah lebih banyak dari pada susu yang sudah dipasteurisasi atau yang biasa di sebut proses pemanasan.

sumber gambar : http://www.sarankesehatan.com/

Jika anda termasuk penggemar susu mentah, mungkin juga akan beranggapan jika nutrisi yang ada dalam susu akan hilang jika di lakukan proses pasteurisasi, karena susu mentah di anggap lebih bagus untuk kekebalan tubuh selain itu juga susu mentah di anggap akan lebih muda di cerna dalam tubuh.

Baca Juga  Bahaya Sering Migrain Bisa Meningkatkan Resiko Stroke dan Penyakit Jantung

Baca Juga : Benarkah Kebiasaan Minum Susu Bisa Memicu Obesitas ?

Namun menurut para ahli susu mentah jika langsung di konsumsi dapat berdampak buruk, ini karena susu yang masih mentah lebih berpotensi terkena bakteri.

Jadi semua produk susu baik itu susu murni, mentega, yoghurt, dan juga keju yang bahan dasarnya dari susu mentah yang belum melalui proses pasteurisasi untuk membunuh bakteri- bakteri jahat yang ada di dalamnya seperti E.Coli, sangat tidak dianjurkan untuk di konsumsi.

Baca Juga  Manfaat Rutin Olahraga Bersepeda Bisa Mencegah Penyakit Panuaan

Untuk meminimalkan susu tercemar bakteri maka sejak tahun 1800 an susu mentah harus melalui proses pasteurisasi dulu sebelum di konsumsi atau di olah menjadi berbagai macam produk. Cara ini merupakan yang efisien untuk membuat susu lebih tahan lama.

Sebuah study di AS bahkan mengklaim jika susu mentah dapat membuat orang 100 kali akan menjadi sakit setelah mengkonsumsinya, di bandingkan dengan yang mengkonsumsi susu yang sudah di pasteurisasi.

Bahkan jika seseorang yang tidak beruntung, setelah mengkonsumsi susu mentah bisa mengalami sakit perut, diareh bahkan muntah- muntah.

Baca Juga  Inilah 5 Jenis Kanker Yang Sering Menyerang Para Wanita

Maka menurut FSA (Food Standards Agency) sangat di sarankan tidak mengkonsumsi susu mentah. Terutama untuk ibu hamil, bayi dan balita serta seseorang yang mempunyai kekebalan tubuh yang lemah.

Artikel Terkait : Lebih Sehat Mana Antara Susu Kacang Dengan Susu Sapi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *