Benarkah Suka Makan Sate Gosong Bisa Memicu Kanker ?

header niko 728 x 90

InspirasIBersama.com – Sate adalah salah satu jenis makanan asal Indonesia yang enak rasanya. Namun dibalik rasanya yang enak, terkadang kita masih was-was saat mengkonsumsinya. Pasalnya banyak orang yang mengatakan bagian gosong pada sate yang dibakar bisa memicu munculnya penyakit kanker, benarkah demikian ?

sumber gambar : http://indowarta.com

Ternyata menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada sebuah hasil penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi sate gosong bisa memicu penyakit kanker. Jadi kesimpulannya adalah itu hanyalah mitos. Ini menjadi informasi yang menyenangkan bagi anda yang suka sekali mengkonsumsi sate.

Baca Juga  Nutrisi Yang Penting Bagi Kesehatan dan Kesuburan Pria

Ternyata menurut para pakar kesehatan hal ini tak berlaku bagi makanan steak daging. Saat sebuah daging merah mendapatkan pemanasan dengan cara dibakar, maka hal ini bisa memicu munculnya zat karsinogenik yang berbahaya bagi kesehatan dan memicu penyakit kanker. Jadi kalau kita suka mengkonsumsi makanan stteak daging terlebh yang gosong, maka jelas bisa memicu penyakit kanker.

Meskipun demikian bukan berarti kita bebas mengkonsumsi sate sesuka kita. Ingat kandungan kalori serta lemak yang cukup tinggi pada sate juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes dan stroke. Diketahui bahwa dalam sebuah 10 tusuk sate terdapat sekitar 360 kalori, sedangkan untuk kandungan lemak sebanyak 15 gr, protein sebanyak 50 gr dan yang terakhir adalah karbohidrat. Jadi bisa dibayangkan kalau kita mengkonsumsi sate yang kemudian kita tambahkan lontong atau nasi, maka akan mencapai sekitar 565 kalori. Itu adalah jumlah kalori yang cukup besar untuk bisa memicu peningkatan berat badan.

Baca Juga  Ternyata Suara Sangat Menentukan Kenyamanan Saat Tidur

Dengan adanya fakta tersebut sebaiknya kita membatasi mengkonsumsi sate secara berlebihan. Bagaimanapun segala sesuatu terutama makanan jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menimbulkan efek yang negatif bagi kesehatan.

Artikel Terkait : Jenis Makanan Yang Bisa Menggantikan Nasi Sebagai Sumber Karbohidrat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *