Benarkah Suka Bermain Musik Bisa Meningkatkan Kecerdasan ?

header niko 728 x 90

anak suka bermain musik

InspirasiBersama.com – Sering kali kita mendengar kalau musik sangat bermanfaat bagi kesehatan otak bayi. Namun bagaimana dengan orang dewasa? Apakah benar musik bisa meningkatkan kecerdasan otak ?.

Ternyata berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa seseorang yang suka bermain musik memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak suka bermain musik. Selain itu mereka juga lebih pandai menyelesaikan sebuah masalah yang terjadi dengan lebih baik.

Sebelumnya belum ada sebuah penelitian yang secara langsung menunjukkan hubungan bermain musik dengan kecerdasan seseorang. Namun pada tahun 2011 ada sebuah penelitian yang dilakukan kepada anak usia sembilan sampai 12 tahun tentang IQ anak dengan kegiatan bermain musik.

Baca Juga  Tidak disarankan Melakukan Diet Secara Berlebihan Sebelum Menikah

Dari studi tersebut para peneliti akan mengukur tingkat kemampuan anak dalam berpikir atau yang dikenal dengan sebutan fungsi otak eksekutif. Ada banyak indikator yang akan digunakan diantaranya kemampuan multitasking, cara memecahkan sebuah masalah, mengambil sebuah keputusan dan kemampuan untuk tidak melakukan perilaku yang negatif.

Dari hasil studi tersebut didapatkan fakta bahwa anak yang suka bermain musik ternyata mempunyai kemampuan otak eksekutif yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak suka bermain musik.

Baca Juga  Beberapa Alasan Mengapa Banyak Wanita Yang Tidak Bisa Menikmati Seks

Dari hasil studi tersebut kita bisa mengambil manfaat yaitu jika ingin meningkatkan kemampuan IQ otak, maka sukalah bermain musik. Kondisi ini juga sangat cocok diterapkan bagi kalangan anak-anak. Anda bisa mengajarkan anak beberapa alat musik atau bisa mengikutkan les musik.

Namun jangan lupa untuk memperhatikan asupan makanan. Bagaimanapun kecerdasan seseorang sangat erat kaitannya dengan gizi makanan yang dikonsumsi. Perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung protein tanpa lemak yang bisa meningkatkan kemampuan IQ otak. Dengan begitu anda mempunyai modal yang kuat untuk mempunyai IQ yang tinggi.

Baca Juga  Mengenali Penyakit Yang Tak Perlu Pengobatan Antibiotik

Artikel Terkait : Ini Dia Manfaat Suka Mendengarkan Musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *