Benarkah Sinar Matahari Bisa Menguatkan Sistem Imun ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tak dipungkiri bahwa hampir kebanyakan orang Indonesia yang beriklim tropis lebih menghindari paparan sinar matahari. Hal ini disebabkan bisa membuat kulit mereka menjadi lebih hitam.

 

sumber gambar : navigasinews.com

Tahukah kita bahwa ternyata dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa paparan sinar matahari bisa sangat bermanfaat bagi sistem imun tubuh kita.

Hal ini sama halnya dengan tumbuhan yang sangat membutuhkan sinar matahari. Para pakar kesehatan mengatakan tumbuhan dan manusia mempunyai banyak kesamaan yang keduanya sama membutuhkan sinar matahari untuk bisa membuat tumbuh dengan sehat dan optimal.

Baca Juga  Sering Mengalami Kurang Tidur Akan Menyebabkan Rasa Empati Luntur

Studi tentang manfaat sinar matahari ini dilakukan oleh peneliti yang berasal dari Georgetown University Medical Center yang mengambil kesimpulan bahwa paparan sinar UV ternyata mampu meningkatkan aktivitas sel darah putih, tepatnya aktivitas sel T yang sangat vital perannya dalam menangkal infeksi yang ada dalam tubuh.

Untuk bisa mendapatkan manfaat besar ini, para pakar menyarankan pada kita untuk setidaknya mendapatkan paparan sinar matahari selama 5-10 menit setiap hari.

Selain itu kita tahu bahwa sinar matahari terutama pagi hari kaya akan kandungan vitamin D yang sangat bagus bagi kesehatan tulang, meningkatkan kemampuan berpikir otak, mencegah terjadinya kanker dan sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan bayi.

Baca Juga  Informasi Kesehatan Yang Sering Dicari Di Google

Baca Juga : Mengenal Manfaat Vitamin D Yang Tersembunyi

Tidak berhenti sampai disitu saja, melakukan berjemur dibawah sinar matahari terutama pagi hari selama 5 sampai 10 menit mampu membuat irama sistem sirkadian tubuh menjadi lebih teratur. Dengan begitu mampu memperbaiki kualitas tidur kita.

 

Bagi anda yang mempunyai masalah tekanan darah tinggi dan mengalami gangguan jantung, melakukan berjemur dibawah sinar matahari menjadi solusi yang sangat baik.

Baca Juga  Apa Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Teh Hijau ?

Selain itu mereka yang menderita penyakit tuberkulosis (TBC) sangat bagus untuk melakukan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Hal ini bisa bermanfaat mencegah penyakit tidak kambuh.
Artikel Terkait : Kurang Sinar Matahari Pagi Bisa Membuat Nyeri Kepala Sebelah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *