Benarkah Setelah Makan Tidak disarankan Untuk Berenang ?

header niko 728 x 90

berenang setelah makan

InspirasiBersama.com – Sering kali kita mendengar banyak orang yang mengatakan bahwa jika setelah makan tidak disarankan untuk berenang, mengapa demikian ? Ternyata hal ini adalah tidak sepenuhnya benar. Masih diperbolehkan melakukan renang meskipun setelah makan.

Kebanyakan dari orang-orang menganggap kalau setelah makan melakukan renang bisa menyebabkan terjadinya tenggelam yang disebabkan karena mengalami kram pada perut. Mereka menyarankan untuk melakukan renang kembali setelah satu jam kita makan.

Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau tidak pernah ditemukan kasus kematian saat berenang yang disebabkan karena setelah makan. Hal ini menjadi sebuah kabar yang gembira bagi anda yang suka melakukan berenang setelah makan.

Baca Juga  Bahaya Jika Pria Kurang Tidur Bisa Meningkatkan Resiko Diabetes

Para pakar menyatakan bahwa setelah makan langsung melakukan  berenang memang bisa meningkatkan resiko mengalami mual dan nyeri pada perut. Namun tidak semua orang akan mengalami hal yang sama. Jika terjadi hal yang demikian, maka anda disarankan untuk beristirahat sebentar selama beberapa menit untuk memulihkan kondisi tubuh.

Dengan demikian, bukan berarti kita tidak dibolehkan untuk berenang setelah makan. Bahkan mereka menyarankan untuk berenang setelah satu jam kita makan. Hal ini tidak perlu dilakukan, karena secara alami tubuh kita akan mengalirkan darah ke perut sehingga suplai oksigen ke berbagai organ tubuh akan berjalan seperti biasanya. Mereka beranggapan kalau kram pada perut yang kerap terjadi jika kita berenang setelah makan disebabkan karena suplai oksigen yang kurang pada otot-otot bagian perut.

Baca Juga  Beberapa Gejala Penyakit Sinusitis Yang Perlu diketahui

Bagi anda yang suka berenang setelah makan, sangat disarankan untuk melakukan pemanasan yang cukup sebelum melakukan renang. Hal ini dimaksudkan agar suplai darah ke otot-otot perut menjadi lebih lancar sehingga kram pada perut bisa terhindarkan. Kerap kali orang yang tenggelam dikaitkan dengan mengalami kram pada perut.

Jadi melakukan berenang setelah makan tidak menyebabkan terjadi kram atau bahkan menyebabkan kita mudah tenggelam. Namun bagi anda yang suka mengajak si kecil berenang, maka sangat disarankan untuk melakukan pengawasan saat berenang. Karena kejadian anak kecil yang tenggelam bukan disebabkan karena setelah makan, namun lebih disebabkan karena kurang pengawasan orang tua saat anaknya berenang.

Baca Juga  Sedih Karena Belum Punya Pacar ? Ternyata Ada 10 Keuntungan Tidak Mempunyai Pacar

Artikel Terkait : Penyebab Telinga Terasa Sakit Setelah Berenang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *