Benarkah Sering Berjalan Tanpa Alas Kaki Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Kulit ?

header niko 728 x 90

tanpa alas kaki

InspirasiBersama.com – Telapak kaki memang menyimpan banyak titik-titik refleksi yang sangat bermanfaat jika mendapatkan rangsangan. Olah karena itulah banyak orang yang melakukan jalan kaki tanpa menggunakan alas. Namun ada muncul anggapan kalau benarkah sering berjalan kaki bisa meningkatkan resiko kanker kulit ?

Baru-baru ini ada sebuah hasil studi yang dilakukan di Jepang yang menyatakan bahwa telapak kaki juga menjadi tempat yang rentan akan munculnya melanoma atau kanker kulit. Pada hasil studi tersebut didapatkan data bahwa kebanyakan kasus kanker kulit pada telapak kaki lebih banyak terjadi pada bagian depan dan belakang dari telapak kaki. Kita tahu bahwa kedua bagian kaki tersebut sangat erat kaitannya saat kita berjalan kaki. Kalau kita berjalan tanpa menggunakan alas kaki, maka bagian depan dan belakang kaki tersebut banyak bersentuhan dengan tanah.

Baca Juga  Manfaat Banyak Sedekah dan Bersyukur Mampu Redakan Depresi

Baca Juga : Pentingnya Memakai Alas Kaki Bagi Penderita Diabetes

Mungkin sebelumnya kita mendengar kalau munculnya melanoma sering kali disebabkan karena faktor paparan sinar matahari. Namun pada kasus melanoma yang terjadi pada telapak kaki para peneliti lebih mengkaitkan dengan seringnya berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

Menurut para peneliti dalam studi tersebut mengatakan bahwa saat seseorang sering kali berjalan atau berlari tanpa menggunakan alas kaki, maka akan ada banyak sentuhan dan tekanan pada alas kaki. Gesekan dan tekanan tersebut ternyata bisa merusak sel pada kulit kaki yang efeknya hampir sama dengan saat kulit mendapatkan paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu yang lama yang memicu melanoma.

Baca Juga  Tidak Dianjurkan Tidur Siang Terlalu Lama

Namun sebagai orang Asia yang identik dengan kulit sawo matang lebih rendah resikonya mengalami melanoma atau kanker kulit dibandingkan dengan orang Barat yang berkulit putih. Bahkan angka kejadian kanker kulit yang terjadi pada telapak kaki juga terbilang rendah yaitu sekitar 3 persen saja.

Dalam studi tersebut para peneliti belum menemukan apakah benar kalau orang yang sering berjalan kaki tanpa menggunakan alas benar-benar meningkatkan resiko kanker pada telapak kaki. Ini membutuhkan penelitian lanjutan yang lebih spesifik lagi. Para peneliti hanya menduga kalau kebiasaan sering berjalan tanpa alas kaki bisa memicu munculnya kanker pada telapak kaki.

Baca Juga  Waktu Yang Tepat Untuk Mengajarkan Anak Tentang Toleransi

Meskipun demikian kita harus waspada karena munculnya kanker kulit atau melanoma yang terjadi pada telapak kulit kaki bersifat lebih berbahaya atau mematikan dibandingkan dengan melanoma yang terjadi pada bagian tubuh yang lain. Untuk itu sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin tentang telapak kaki secara berkala.

Artikel Terkait : Memakai Tabir Surya SPF 30 Bisa Mencegah Kanker Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *