Benarkah Semut Jepang Bagus Untuk Penderita Diabetes ?

header niko 728 x 90

semut jepang

InspirasiBersama.com – Saat ini kita dihebohkan dengan informasi bahwa semut Jepang bermanfaat bagi penderita diabetes. Kebanyakan dari masyarakat juga menganggap semut Jepang sebagai obat alternatif yang efektif untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya permintaan semut Jepang baik secara offline maupun online. Namun benarkah semut Jepang bagus untuk penderita diabetes ?

Ternyata menurut seorang dokter yang bernama Juli Edi Tarigan , SpPd-KEMD mengatakan khasiat semut Jepang yang conon katanya efektif bagi penderita diabetes belum terbukti secara klinis. Artinya belum ada suatu penelitian yang menyebutkan konsumsi semut Jepang sangat bagus bagi penderita diabetes. Untuk itu para masyarakat dihimbau cerdas sebelum memilih jenis pengobatan alternatif.

Baca Juga  Penyebab Kontrasepsi Bisa Mempengaruhi Libido Wanita

Selama ini informasi yang kita dengar bahwa semut Jepang sangat bagus bagi penderita diabetes. Informasi ini adalah informasi yang belum valid secara kesehatan, itu adalah informasi dari mulut ke mulut berdasarkan pengalaman orang menggunakan semut Jepang.

Konsumsi semut Jepang secara sembarangan dan dosis yang tak tidak tepat malah bisa menimbulkan masalah kesehatan. Menurut dr Tri Juli baru-baru ini ada sebuah kasus pasien yang mengalami infeksi pada usus yang kemungkinan besar disebabkan karena rutin mengkonsumsi semut Jepang. Saat ditanya dokter, pasien mengaku setiap hari rajin konsumsi semut Jepang tanpa dosis yang aman.

Baca Juga  Bahaya Jika Kita Sering Menggunakan Air Yang Kotor Bagi Munculnya Penyakit

Melihat kasus ini, maka para ahli menyarankan kepada masyarakat untuk lebih pintar memilih jenis pengobatan alternatif yang ada. Dalam dunia kesehatan, setiap obat yang beredar sudah melalui uji klinis yang ketat sampai dinyatakan aman dan efektif mengatasi sebuah penyakit. Namun untuk semut Jepang ini, belum terdapat uji klinis yang jelas tentang kebenaran manfaat bagi penderita diabetes.

Untuk mencegah penyakit diabetes, para ahli menyarankan untuk selalu menjaga pola makan yang sehat dan tidak berlebihan. Karena diabetes kerap disebabkan oleh pola makan yang berlebihan oleh para penderitanya. Apalagi kalau kita sudah mempunyai genetik pengidap diabetes dari orang tua, maka wajib hukumnya untuk menjaga pola makan yang sehat dan tidak berlebihan. Selain menjaga pola makan, kita juga disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur.

Baca Juga  Jika Mengalami Gangguan Pada Gusi Seperti Ini Sangat Disarankan Untuk Periksa ke Dokter

Artikel Terkait : Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Teh ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *