Benarkah Semangka Merah dan Kuning Mempunyai Manfaat Yang Berbeda ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Salah satu jenis buah yang mudah didapat dan banyak orang suka adalah semangka. Dengan rasa yang segar dan manis, tak heran jika buah yang satu ini menjadi primadona dikalangan masyarakat. Sekarang ini buah semangka juga terdapat warna merah dan kuning. Apakah kedua jenis semangka ini mempunyai manfaat yang sama ?

sumber gambar : http://mudil.blogspot.co.id

Ternyata dua varian buah semangka merah dan kuning memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Kalau kita lihat dari segi rasanya, maka tak banyak perbedaan.

Berikut kandungan nutrisi yang berbeda pada buah semangka merah dan kuning :

Kandungan gizi di dalam semangka kuning

Baca Juga  Jenis Makanan Yang Sebenarnya Tidak Perlu disimpan Dalam Kulkas

Jenis semangka kuning ternyata memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sedikit berbeda dengan semangka merah. Secara umum semangka kuning kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Secara perinci kandungan tersebut meliputi vitamin A, C, asam amino, kalium, likopen, dan citruline. Selain itu semangka kuning juga kaya kandungan serat dan gula yang alami sehingga bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes.

Kandungan gizi di dalam semangka merah
Sedangkan semangka merah ada cukup banyak kandungan vitamin dan mineral dalam setiap 100 gramnya. Beberapa kandungan seperti vitamin C, E, K dan B6. Selain itu semangka merah juga kaya kandungan zat besi, asam folat, fosfor, magnesium dan selenium. Selain kandungan itu semua, semangka merah juga cukup banyak kandungan protein, serat serta niasin.

Baca Juga  Memiliki Tubuh Kurus Bukan Berarti Aman dari Diabetes

 

Perbedaan manfaat kesehatan keduanya

Dengan perbedaan kandungan yang terdapat pada buah semangka merah dan kuning, maka menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa mengkonsumsi semangka kuning akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, menjaga tekanan darah tetap stabil, menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Sedangkan buah semangka merah bisa bermanfaat bagi kesehatan untuk mencegah berbagai jenis penyakit seperti kanker, nyeri otot, sembelit dan radang yang terjadi di tubuh. Selain itu mengkonsumsi buah semangka merah juga cocok bagi kamu yang sedang diet untuk menurunkan berat badan dan bagus untuk kesehatan ginjal kita.
Artikel Terkait : Daftar Makanan Olahan Yang Sehat Menurut Ahli Gizi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *