Benarkah Saat Hujan Membuat Nyeri Akan Meningkat ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang saat ini sering merasakan nyeri kronik yang bisa disebabkan karena artritis, migrain maupun nyeri punggung pastinya sudah hafal kapan biasanya nyeri tersebut muncul. Banyak anggapan bahwa saat hujan, maka nyeri pada tubuh akan mengalami peningkatan, benarkah demikian ?

 

nyeri-sering-kambuh

sumber gambar : nyerisendi.org

Ternyata anggapan ini adalah benar. Berdasarkan sebuah hasil studi dunia mengatakan bahwa musim hujan atau dingin menyebabkan ambang nyeri yang dirasakan orang meningkat. Studi ini telah melibatkan 9.000 orang di berbagai kota dunia yang memiliki riwayat sering nyeri.

Hasilnya adalah para peneliti menemukan bahwa pada saat musim panas atau banyak paparan sinar matahari membuat banyak orang tidak merasakan nyeri yang berlebih pada tubuhnya. Namun saat musim dingin atau hujan datang, maka tingkat nyeri yang disebabkan oleh beberapa penyakit kronik tersebut meningkat tajam.

Baca Juga  Pentingnya Memastikan Rambut Kering Sebelum Menggunakan Hijab

Baca Juga : Kurang Sinar Matahari Pagi Bisa Menyebabkan Sering Nyeri Kepala

Dengan adanya hasil studi ini menunjukkan kalau cuaca sangat mempengaruhi tingkat nyeri yang dirasakan oleh banyak orang. Dengan demikian, bagi anda yang mempunyai riwayat nyeri kronik maka bisa mengantisipasinya saat musim hujan hendak datang.

 

Kalau kita membahas bagaimana bisa musim hujan mempengaruhi tingkat nyeri sebuah penyakit ?. Maka pada saat musim hujan, erat kaitannya dengan suhu dingin dan lembab.Ini menjadi masuk akal bagi seorang penderita artritis yang merasakan nyeri meningkat saat suhu udara dingin dan lembab seperti saat musim hujan.

Baca Juga  Rutin Mengkonsumsi Buah Anggur Dapat Membuat Ingatan Lebih Tajam

 

Hasil studi ini juga banyak benarnya. Coba saja kita tanyakan kepada mereka yang sering merasakan sakit gigi. Biasanya pada suhu udara yang dingin seperti saat musim hujan datang, maka mereka mengaku rasa nyeri akan meningkat. Hal ini juga banyak terjadi pada mereka yang mengalami nyeri kronik lainnya.

 

Ada beberapa anggapan juga yang mengatakan bahwa hal ini bisa dipengaruhi oleh emosi atau suasana hati seseorang. Pada saat musim panas, maka akan ada banyak paparan cahaya matahari yang membuat kebanyakan orang akan merasa lebih senang dibandingkan saat hujan turun atau salju turun. Kondisi ini juga bisa mempengaruhi tingkat nyeri pada tubuh seseorang.

Baca Juga  Manfaat Mendaki Gunung Bisa Mengurangi Stres

Artikel Terkait : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *