Benarkah Rajin Minum Kopi Mampu Menurunkan Resiko Multiple Sclerosis

manfaat kopi terhadap multiple sclerosis

InspirasiBersama.com – Bersyukurlah bagi anda yang sangat menyukai kopi, dikarenakan dalam sebuah hasil studi terbaru ternyata sering konsumsi kopi ternyata terbukti mampu menurunkan resiko penyakit multiple sclerosis (MS). Bahkan dalam hasil penelitian tersebut menyebutkan dengan banyak minum kopi maka ada sekitar sepertiga terhadap penurunan resiko penyakit multiple sclerosis.
Penelitian tentang efek konsumsi kopi dengan penurunan resiko penyakit multiple sclerosis (MS) ini dilakukan oleh Anna Hedstrom yang merupakan ilmuwan yang berasal dari Institute Karolinska Swedia.

Untuk membuktikan pengaruh minum kopi terhadap penurunan resiko multiple sclerosis ini para peneliti telah melakukan pengamatan yang melibatkan 2.779 orang yang terdiagnosa MS dan sekitar 3.960 orang yang bebas dari MS. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan oleh Journal of Neurology, Neurosurgery dan Psychiatry.

Baca Juga  Apakah Benar Air Kelapa Bisa Bermanfaat Melancarkan Persalinan ?

 
Dari hasil penelitian tersebut ternyata mereka yang mempunyai kebiasaan minum kopi hampir 4 cangkir perhari maka beresiko rendah terkena penyakit multiple sclerosis hampir 29 persen. Namun para peneliti belum menemukan hubungan sebab-akibat yang ditimbulkan karena kebiasaan minum kopi dengan MS.

Menurut para peneliti, kandungan kafein dalam kopi mempunyai efek yang bersifat melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Kita tahu bahwa multiple sclerosis merupakan jenis penyakit yang tergolong autoimun yang melemahkan sistem saraf pusat manusia. Dalam hal ini multiple sclerosis menyerang saraf myelin yang sangat vital perannya dalam mengirimkan sinyal ke otak manusia.

Baca Juga  Minum Susu Kunyit Hangat Bisa Membantu Meredakan Nyeri Menstruasi

Adagun gejala orang menderita multiple sclerosis (MS) antara lain adanya kelemahan pada otot, koordinasi tubuh menjadi buruk dan sering mengalami mata kabur. Dengan saraf myelin yang rusak, maka otak kita akan kehilangan kemampuan dalam berkoordinasi dengan organ tubuh lainnya termasuk pad anggota gerak.

 

Penyakit multiple sclerosis ini tergolong penyakit yang langka. Disamping langka para penderita MS sering kali tidak menyadari kalau menderita MS sehingga kebanyakan pasien MS mengalami keterlambatan diagnosa dan penanganan.

Baca Juga  Benarkah Profesi Dokter Membuat Tak Panjang Umur ?

Artikel Terkait : Pikirkan Matang – matang Jika Ingin Berhenti Dari Kebiasaan Ngopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *