Benarkah Perut Buncit Lebih Berbahaya dibandingkan Obesitas ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang berselisih pendapat tentang perut buncit dan obesitas, mana yang lebih berbahaya. Ternyata menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa memiliki berat badan uang cukup namun dengan perut buncit lebih berbahaya dibandingkan dengan obesitas.

Kondisi ini berlaku bagi pria maupun wanita yang mempunyai perut buncit namun berat badan masih ideal.

sumber gambar : alodokter.com

Apa sebenarnya yang memicu perut menjadi buncit ?. Menurut para pakar kesehatan, secara umum perut yang buncit lebih disebabkan karena adanya tumpukan lemak dalam perut. Kondisi ini banyak dikaitkan dalam berbagai studi yang menghubungkan antara perut buncit dengan berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga  3 Indikasi Kalau Tubuh Kita Membutuhkan Protein

Dari sebuah hasil studi yang dilakukan pada bulan Februari 2017 dan sudah dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Sociaty menyebutkan bahwa orang dengan perut buncit memiliki bahaya kesehatan yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang obesitas. Resiko kesehatan tersebut adalah kematian.

Dalam studi tersebut juga didapatkan informasi bahwa kondisi ini tidak terikat oleh usia maupun etnis seseorang. Siapapun yang memiliki perut buncit dengan berat badan yang masih ideal memiliki resiko kematian lebih besar dibandingkan kondisi tubuh yang obesitas.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengetahui Seorang Anak Mengalami Gangguan Kecemasan ?

 

Para peneliti menuturkan bahwa orang dengan perut buncit cenderung banyak tumpukan lemak pada bagian perut. Hal ini akan memicu gangguan sindrom metabolik yang meningkatkan berbagai penyakit seperti diabetes, jantung dan stroke.

Baca Juga : Pria Dengan Perut Buncit Beresiko Mengalami Kanker Prostat

Dengan tingginya resiko berbagai penyakit bagi mereka yang punya perut buncit, maka para pakar kesehatan sangat menyarankan kepada kita untuk selalu menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Anda harus berusaha mempertahankan berat badan yang normal, serta banyak melakukan aktivitas fisik guna mencegah banyak tumpukan lemak dalam perut.

Baca Juga  Manfaat Seks Bagi Seorang Wanita Bisa Meningkatkan Ketajaman Memori

Artikel Terkait : Perut Buncit Bisa disebabkan Oleh Beberapa Hal Berikut Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *