Benarkah Pasien Diabetes Yang Mengkonsumsi Obat Hipertensi Bisa Memicu Serangan Jantung ?

header niko 728 x 90

minum obat hipertensi

InspirasiBersama.com – Sering kita menjumpai orang yang menderita diabetes juga memiliki penyakit lain yaitu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Adanya komplikasi hipertensi membuat banyak para penderita diabetes juga mengkonsumsi obat anti hipertensi. Hal ini bertujuan agar tekanan darah mereka tetap stabil. Namun benarkah pasien diabetes yang mengkonsumsi obat hipertensi bisa memicu serangan jantung ?

Kita tahu bahwa diabetes merupakan jenis penyakit yang kerap menimbulkan banyak komplikasi penyakit lain misalnya hipertensi, jantung, gagal ginjal bahkan sampai stroke. Untuk itu kita tidak boleh meremehkan penyakit diabetes. Bahkan bagi para pria yang menderita diabetes bisa mengalami impotensi atau disfungsi ereksi yang tentunya akan merugikan bagi para pria.

Baca Juga  Cara Alami Untuk Mengatasi Luka Pada Bibir

Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Swedia menyatakan bahwa para penderita diabetes yang minum obat hipertensi dengan harapan tekanan darah bisa di bawah 140, malah bisa menimbulkan serangan jantung.

Secara normal, kalau seseorang tidak mempunyai penyakit diabetes namun menderita hipertensi. Maka saat dia minum obat hipertensi maka bisa menurunkan resiko penyakit jantung karena tekanan darah menjadi lebih stabil <140.

Namun bagi anda yang saat ini menderita diabetes dan melakukan minum obat hipertensi secara agresif dengan harapan tekanan darah sistolik menjadi <140, maka hal itu justru membuat anda beresiko mendapatkan serangan jantung.

Baca Juga  Bagusan Mana Olahraga Sendiri Atau Berkelompok ?

Dalam banyak penelitian lain yang melibatkan 73.738 orang yang menderita diabetes menyebutkan bahwa tindakan pengobatan atau terapi menurunkan tekanan darah tinggi yang dilakukan secara agresif ternyata bisa memunculkan komplikasi.

Jika anda menderita hipertensi dengan tekanan darah >150, maka menurut para pakar target penurunan yang dianggap aman bagi kesehatan adalah antara 140-150. Dengan target tekanan darah 140-150 memberikan resiko yang lebih rendah akan penyakit jantung.

Sangat disarankan bagi anda yang menderita diabetes dan hipertensi untuk berkonsultasi kepada dokter anda tentang penggunaan obat anti hipertensi. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir komplikasi yang lebih serius tentang kesehatan anda selanjutnya.

Baca Juga  Benarkah Anak Yang Suka Bermain Kotor Lebih Sehat ?

Artikel Terkait : Waktu Terbaik Untuk Melakukan Cek Tekanan Darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *