Benarkah Orang Yang Menderita Saraf Kejepit Harus dilakukan Operasi ?

header niko 728 x 90

nyeri pinggang 6

InspirasiBersama.com – Apakah anda saat ini menderita penyakit saraf kejepit atau HNP (hernia nukleus pulposus) ?. Jika iya pastinya anda akan sering merasakan rasa nyeri pada daerah pinggang yang sangat mengganggu. Lantas ada banyak pertanyaan apakah seseorang yang menderita saraf kejepit harus dilakukan operasi agar bisa sembuh ?

Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk menyembuhkan saraf yang kejepit harus dengan melakukan operasi. Hal inilah yang membuat banyak penderita saraf kejepit atau HNP yang enggan memeriksakan diri ke dokter. Padahal menurut ahli orthopedi mengatakan bahwa hampir 70 sampai 80 persen kasus HNP tidak memerlukan tindakan operasi untuk bisa sembuh.

Cara pertama untuk mengobati saraf yang kejepit adalah dengan cara memberikan beberapa jenis obat pereda nyeri dan anti inflamasi. Selain itu pasien dengan HNP juga disarankan untuk bed rest atau istirahat dan mengikuti program fisioterapi di rumah sakit. Dengan mengikuti program seperti itu sering kali saraf kejepit bisa disembuhkan tanpa harus operasi.

Baca Juga  Penyebab Seseorang Sering Mengigau Saat Tidur

Kalau kita melakukan fisioterapi maka ada banyak jenis olahraga atau latihan yang disarankan yang bisa mengurangi rasa sakit akibat saraf yang kejepit. Selain itu jenis latihan tersebut juga bisa mengembalikan otot-otot pada pinggang dan perut yang bermasalah yang menyebabkan nyeri.

Bagi yang mengalami saraf kejepit atau HNP sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Lakukan apa saja saran dari dokter selama beberapa minggu. Rasakan tentang perubahan yang terjadi. Apabila setelah 3-4 minggu dirasa tidak ada perubahan yang berarti, jangan lantas tidak periksa ulang. Lakukan pemeriksaan ulang sehingga dokter bisa menjalankan terapi yang selanjutnya.

Baca Juga  Benarkah Banyak Remaja Amerika Yang Kecanduan Gadget ?

Apabila kita sering mengabaikan kondisi saraf yang kejepit, maka kondisi nyeri yang dirasakan akan sangat mengganggu aktivitas dan membuat kualitas hidup kita menjadi menurun. Bahkan dalam kondisi tertentu bisa menyebabkan otot menjadi lemah atau bahkan kelumpuhan.

Orang yang mengalami saraf kejepit biasanya akan merasakan gejala nyeri pada daerah pinggang yang bersifat menjalar. Kondisi menjalar ini bisa sampai pada bagian perut, tangan atau bahkan sampai leher.

Pilihan operasi pada kasus saraf yang kejepit baru akan diputuskan oleh dokter saat kondisi beberapa terapi yang diberikan tidak memberikan dampak yang signifikan. Untuk jenis operasinyapun berbeda-beda tergantung tingkat keparahan dari HNP itu sendiri. Kalau kondisnya ringan hanya memerlukan operasi kecil yang cukup dengan beberapa sayatan tanpa pembedahan secara terbuka seperti yang kebanyakan orang persepsikan.

Baca Juga  Bagaimana Cara Menangani Korban Luka Bakar Yang Benar ?

Artikel Terkait : Perbedaan Antara Nyeri Pinggang Biasa Dengan Saraf Kejepit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *