Benarkah Orang Yang Memakai Narkoba Berawal Dari Kebiasaan Merokok ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kalau kita melihat dilingkungan sekitar rumah atau tempat kita bekerja, maka tidak sulit menemukan kalangan remaja kita yang merokok. Bahkan banyak pula kalangan pelajar kita yang sudah terbiasa dengan rokok. Benarkah rokok menjadi pintu awal seseorang memakai narkoba ?

sumber gambar : http://mencegahpenyakit.com

Semua orang tentu tahu kalau merokok bukanlah kebiasaan yang sehat. Justru dengan merokok akan meningkatkan berbagai resiko penyakit berbahaya seperti kanker paru. Ternyata bukan efek penyakit saja, merokok juga menjadi gerbang awal seseorang yang menggunakan narkoba. Hal ini juga dibenarkan oleh para pakar kesehatan.

Baca Juga  Jika Anda Hobi Makan ‘Fast Food’, Anda Harus Banyak Olahraga

Rokok dan narkoba mempunyai kandungan yang hampir sama yaitu mengandung zat adiktif atau bisa membuat seseorang menjadi ketagihan. Selain itu dalam rokok juga mengandung nikotin yang apabila masuk dalam tubuh akan mendorong tubuh melepaskan banyak hormon dopamin yang membuat kita lebih bahagia.

Baca Juga : Penyebab Banyak Perokok Yang Mengabaikan Bahaya Merokok

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa, jika seseorang sudah kecanduan akan efek rokok yang bisa membuat mereka lebih bahagia, maka akan terus mengkonsumsinya. Jika pengaruh nikotin rokok tersebut menurun, yang dikhawatirkan adalah mereka berusaha mencari jalan lain yaitu dengan narkoba.

Baca Juga  Membatasi Asupan Gula Bisa Menjadi Tips Jitu Agar Tetap Fit dan Awet Muda

 

Yang menjadi miris adalah jumlah perokok di indonesia sangatlah besar. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan perokok terbesar di dunia. Tentu ini menjadi indikasi gaya hidup yang buruk yang bukan hanya berdampak buruk bagi perokok aktif saja, namun mereka yang menjadi perokok pasif juga akan meresakan akibatnya.

 

Oleh karena itu dihimbau kepada para generasi pemuda Indonesia untuk tidak tergiur dengan iklan-iklan rokok yang menawarkan kejantanan dan kebahagiaan. Yakinlah bahwa bagaimanapun orang yang tidak merokok akan jauh lebih sehat dan punya harapan hidup yang lebih lama dibandingkan dengan mereka yang merokok.
Artikel Terkait : Rokok Elektrik Tetap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *