Benarkah Orang Yang Banyak Tidur Mengalami Gangguan Mental ?

header niko 728 x 90

tidur terlalu lama

InspirasiBersama.com – Benarkah orang yang banyak tidur mengalami gangguan mental ?. Tidur memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Orang yang kurang tidur, akan mengalami banyak penurunan fungsi tubuh. Tidur merupakan aktivitas pemulihan fungsi tubuh yang membuat organ tubuh bisa kembali berfungsi dengan baik. Namun bagaimana jika ada orang yang kebanyakan melakukan tidur ?

Selama ini mungkin kita sudah sangat sering membaca tentang dampak dari kurang tidur bagi kesehatan. Tetapi masih terbilang sedikit informasi tentang dampak buruk mereka yang terlalu banyak tidur.

Yang perlu kita ketahui terlebih dahulu sebelum membahas tentang kebanyakan tidur, kita harus mengetahui terlebih dahulu berapa lama tidur normal yang dianjurkan. Secara normal idealnya tidur dilakukan selama 7-8 jam, jika melebihi itu berarti kita tergolong kebanyakan tidur.

Sebenarnya ada banyak perbedaan tentang jam tidur normal bagi orang dewasa, ada sebuah studi yang menyatakan bahwa tidur yang disarankan bagi orang dewasa antara 7-9 jam. Ada juga studi lain yang menyatakan bahwa cukup dengan 6-7 jam dirasa sudah cukup bagi seorang dewasa untuk tidur.

Baca Juga  Efek Buruk Wanita Yang Terkucilkan Dari Kelompok Bisa Memicu Stres

Baca Juga : Kualitas Tidur Anda Akan Rusak Jika Melakukan 5 Hal Ini

Tentunya patokan yang diberikan oleh para ahli tersebut akan berbeda-beda bagi setiap orang. Hal ini disebabkan karena ada sebagian orang yang merasa tidur selama 7 jam pada malam hari dirasa sudah cukup bisa memberikan dampak segar bagi tubuh saat bangun. Namun bagi sebagian orang lain memerlukan waktu tidur yang lebih lama untuk bisa membuat tubuh menjadi segar.

Menyikapi hal yang demikian, maka para ahli menyebutkan bahwa tidur selama 9 jam bagi orang dewasa dirasa sudah lebih dari cukup.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana jika kita sudah melakukan tidur malam selama 9 jam, namun saat bangun kita masih merasakan tubuh yang lemas. Ini menjadi suatu masalah. Hal ini disebabkan 9 jam merupakan jumlah waktu yang lebih dari cukup bagi orang dewasa untuk tidur.

Menurut salah seorang ahli insomnia yang bernama Dr. Guy Meadows mengatakan bahwa seseorang yang melakukan tidur terlalu lama pada malam hari bisa menjadi indikasi terjadi masalah pada mental. Gangguan mental tersebut bisa berupa depresi.

Baca Juga  Apakah Aman Minum Susu Sapi Yang Sedang Hamil ?

Hal ini menunjukkan bahwa orang dengan gangguan tidur seperti insomnia, bisa juga mengalami tidur terlalu lama. Mungkin selama ini anggapan kita bahwa mereka yang mengalami insomnia akan kesulitan untuk mengawali tidur sehingga membuat jam tidur menjadi berkurang.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa, seorang dewasa yang melakukan tidur selama 10 jam pada malam hari mengindikasikan bahwa terjadi penurunan kesehatan mental yang tergolong buruk. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan atau perilaku.

Selain itu seseorang yang sering melakukan tidur malam terlalu lama juga dikaitkan dengan sakit kepala. Hal ini sering kita dengar mereka yang mengeluhkan sakit kepala saat bangun tidur akibat terlalu lama tidur. Sebenarnya yang membuat rasa sakit pada kepala bukan dikarenakan aktivitas tidurnya melainkan karena meningkatnya stres orang tersebut.

Untuk mengatasi kebiasaan tidur yang terlalu lama pada malam hari, maka ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, diantaranya :

Pada saat akhir pekan, jangan melakukan tidur terlalu lama yang menyebabkan ketidakseimbangan irama sirkardian tubuh.

Baca Juga  Olahraga Berenang Mempunyai Banyak Manfaat Untuk Tubuh

·         Yang kedua adalah jika anda sering melakukan tidur pada siang hari, maka usahakan jangan melebihi empat jam. Hal ini akan menyebabkan anda merasa tidak ngantuk meskipun sudah larut malam.

·         Buatlah jadwal bangun tidur yang teratur setiap harinya. Anda bisa menggunakan alarm untuk membantu anda bangun tepat waktu

·         Jika anda merasa cemas, maka cobalah untuk mengatasi rasa kecemasan anda terlebih dahulu. Dengan demikian anda akan terbebas dari gangguan mental yang membuat anda tidur lebih lama atau kesulitan mengawali tidur.

·         Yang terakhir adalah lakukan olahraga secara teratur dan lakukan pola makan yang sehat.

Artikel Terkait : Ini Yang Terjadi Jika Kurang Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *