Benarkah Olahraga Bisa Menurunkan Resiko Kanker ?

header niko 728 x 90

27 Apr 2012 --- Women jogging on pathway in park. --- Image by © Hero/Corbis

InspirasiBersama.com – Ada anggapan bahwa olahraga mampu menurunkan resiko berbagai kanker, benarkah demikian ?. Kebanyakan dari kita selama ini menganggap bahwa melakukan olahraga secara rutin hanya berdampak positif bagi penurunan berat badan dan berbagai penyakit seperti jantung, obesitas, dan diabetes. Ternyata berdasarkan sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa melakukan olahraga mampu menurunkan resiko berbagai jenis kanker.

 

Ini bukan merupakan penelitian yang pertama kali, namun dalam beberapa penelitian sebelumnya juga menyebutkan bahwa dengan banyak melakukan aktivitas fisik, maka bisa mengurangi resiko kanker payudara, usus besar dan endometrium.

Baca Juga : Mengapa Kanker Payudara Mempunyai Bau Yang Tidak Sedap

 

Bukan hanya itu saja, dengan banyak melakukan aktivitas fisik juga mampu menurunkan resiko tumor pada usus besar dan mampu meningkatkan kadar estrogen pada wanita sehingga mampu melindungi wanita dari resiko kanker payudara dan endometrium.

Baca Juga  Jenis Makanan Yang Sebenarnya Tidak Perlu disimpan Dalam Kulkas

 

Bahkan dalam sebuah studi ini, para peneliti menemukan seseorang yang rajin melakukan olahraga bisa menurunkan resiko kanker sampai 20 persen. Ada banyak jenis kanker yang bisa kita hindari dengan banyak melakukan olahraga seperti kanker pada kerongkongan, lambung, ginjal dan endometrium. Hal sebaliknya terjadi jika kita jarang melakukan olahraga.

 

Sebelum adanya studi ini, kebanyakan orang akan mengetahui kalau dengan rutin melakukan olahraga akan sangat bagus bagi kesehatan jantung saja. Hal ini tidak salah karena memang olahraga juga sangat bagus menjaga kesehatan jantung tetap baik.

 

Kita tahu bahwa kanker merupakan jenis penyakit kronik yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Banyak angka kematian yang disebabkan karena penyakit kanker. Dengan adanya penelitian ini, maka kita akan termotivasi lebih untuk banyak melakukan aktivitas fisik berupa olahraga secara teratur.

Baca Juga  Ternyata Saat Virus Flu Menyerang Pria, Efeknya Lebih Berat Dibandingkan Saat Menyerang Wanita

Mulai saat ini mari kita menerapkan pola hidup sehat dengan rutin melakukan olahraga secara teratur. Lebih baik lagi kalau kita bisa melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari. Jika kita tidak bisa melakukannya, maka setidaknya anda melakukan olahraga seminggu tiga kali.

Apakah kalau sudah rutin melakukan olahraga kita sudah terbebas dari resiko kanker ? Jawabnya adalah belum tentu. Kalau kita hanya menerapkan pola hidup yang sehat saja dan mengabaikan pola makan, maka resiko kanker akan tetap tinggi. Artinya kedua unsur yaitu pola hidup dan pola makan harus berjalan sehat agar resiko kanker akan semakin kecil.

Baca Juga  Pengen Tahu Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Tidur ?

Dengan memiliki tubuh yang sehat terbebas dari berbagai macam penyakit termasuk kanker, maka kita bisa menikmati hidup ini dengan indah. Kita bisa melakukan apa saja yang kita inginkan tanpa terhalang oleh karena tubuh yang tidak sehat.

Artikel Terkait : Manfaat Lari Cepat Selama 5 Menit Mampu Menurunkan Resiko Kematian Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *