Benarkah Obesitas Bisa Menyebabkan Penurunan Daya Ingat ?

header niko 728 x 90

obesitas 2

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa dengan memiliki berat badan yang obesitas bisa menyebabkan penurunan daya ingat. Sebenarnya bukan hanya penurunan daya ingat saja, namun ada banyak resiko penyakit yang diakibatkan jika memiliki berat badan yang berlebih. Selain itu orang yang mempunyai perut buncit yang banyak terdapat penumpukan lemak juga beresiko mengalami penurunan daya ingat.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan kepada para pria yang tergolong obesitas terhadap skor daya ingat. Hasilnya adalah mereka yang memiliki berat badan yang tergolong obesitas akan mengalami penurunan daya ingat sebesar 15 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak obesitas.

Baca Juga  Bingung Bagaimana Cara Berkomunikasi Yang Baik Pada Bayi ? Ini Tipsnya

Bagaimana cara menentukan berat badan yang berlebih ? anda bisa menghitung sendiri dengan cara mengetahui berapa berat badan anda, kemudian dibagi dengan tinggi badan anda dalam kuadrat. Jika hasilnya adalah indeks massa tubuh (IMT) anda melebihi dari 22,9 maka anda termasuk obesitas.

Menurut para ahli, orang yang memiliki berat badan berlebih atau peningkatan lemak, maka secara alami akan mempengaruhi keseimbangan hormon insulin. Saat terjadi kelebihan jumlah lemak, maka akan membuat homon insulin akan meningkat. Peningkatan hormon insulin inilah yang bisa mempengaruhi saraf otak manusia sehingga bisa membuat penurunan daya ingat.

Baca Juga  Apakah Sudah Bisa Dikatakan Sehat Sarapan Pagi Hanya Dengan Susu ?

Namun para ahli mengatakan berat badan berlebih atau obesitas bukan menjadi penyebab utama seseorang mengalami penurunan daya ingat. Penurunan daya ingat bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah peningkatan berat badan atau lemak. Untuk itu jika ingin memiliki daya ingat yang bagus, maka sangat disarankan untuk menjaga berat badan secara ideal.

Baca Juga  Ini Dia Makanan Yang Bisa Memicu Bau Mulut

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Apa Bahayanya Jika Makan Terlalu Kenyang ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *