Benarkah Ngemil Sambil Lihat TV Bisa Mengakibatkan Kita Mati Muda ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Menonton acara TV yang lagi seru sambil ngemil adalah hal yang sangat menyenangkan. Terlebih jika apa yang kita ngemil adalah makanan kesukaan kita. Namun ternyata kebiasaan ini berdampak buruk bagi kesehatan, bahkan para pakar mengatakan bisa mengakibatkan kita mati muda.

sumber gambar : Tribunnews.com

Pola kebiasaan ngemil sambil lihat TV ini sudah dibuktikan dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Australia yang sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Medicine and Scince in Sport and Exercise pada tahun 1999. Hasilnya menunjukkan bahwa para peserta yang diketahui menghabiskan waktu selama 1 jam saja untuk duduk sambil nonton TV, maka resiko terjadinya peradangan dalam tubuh sebanyak 12 persen.

Baca Juga  Bagaimana Sikap Orang Tua Yang Mendapati Anaknya Pacaran ?

Penelitian tersebut ternyata dilakukan dalam waktu yang lama yaitu 12 tahun. Hasil akhirnya diketahui bahwa ada 909 orang yang sudah meninggal dunia, 130 diantaranya disebabkan karena beberapa penyait peradangan dalam tubuh seperti asma, diabetes, ginjal dan alzheimer. Para peneliti menyebutkan bahwa mereka yang mempunyai kebiasaan menonton TV 2-4 jam dalam sehari, maka 54 % beresiko mengalami penyakit peradangan.

Baca Juga  Serius Ada Makanan Yang Bisa Membuat Bahagia ?

Bukan hanya itu saja, diketahui juga bahwa para peserta yang kerap menonton TV dalam beberapa jam dalam sehari terlihat lebih cepat tua, lebih mudah terkena penyakit hipertensi, diabetes dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga mudah sakit. Beberapa penyakit berbahaya lain yang kerap dialami adalah gangguan kardiovaskuler atau jantung dan pembuluh darah.

Nah itu dia alasan mengapa kebiasaan menonton TV bisa membuat kita mati muda. Coba bayangkan bagaimana jika kebiasaan tersebut kita tambah dengan ngemil ?Pasti akan jauh lebih berbahaya bagi kesehatan kita. Jadi mulai sekarang sebaiknya kita jangan lama-lama dalam menonton TV dan jangan biasakan untuk sambil ngemil.

Baca Juga  Apa Tandanya Kalau Amandel Kita Bermasalah ?

Sumber : doktersehat.com

Artikel Terkait : Ternyata Banyak Orang Tak Sadar Punya Penyakit Hipertensi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *