Benarkah Minuman Panas Bisa Menyebabkan Kanker ?

header niko 728 x 90

minuman panas

InspirasiBersama.com – Ada anggapan bahwa minum minuman yang sangat panas bisa menyebabkan kanker, benarkah demikian ?. Menurut pendapat Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa minuman yang sangat panas bisa menyebabkan kanker kerongkongan. Bukan hanya itu saja, 25 tahun yang lalu WHO juga menyatakan bahwa minuman kopi bisa menyebabkan kanker.

Sebanyak 23 ilmuwan yang tergabung dalam Badan International WHO untuk penelitian kanker yang bernama IARC menyatakan bahwa jenis minuman yang memiliki suhu lebih dari 65 derajat tergolong jenis minuman yang beresiko karsinogenik atau menyebabkan kanker bagi manusia.

Baca Juga  Daftar Harga Program Bayi Tabung di Indonesia

Pernyataan ini didasarkan beberapa kali studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dibanyak negara yang mempunyai kebiasaan sering minum air panas seperti Cina, Turki dan Amerika Selatan.

Dari hasil studi di beberapa negara tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi jenis minuman yang tergolong sangat panas bisa menyebabkan resiko kanker esofagus.

Bukan hanya terjadi pada manusia saja, kelompok ilmuwan WHO juga melakukan uji terhadap beberapa hewan yang diberikan minuman panas lebih dari 65 derajat ternyata meningkatkan resiko terjadinya tumor.

Baca Juga  Antara Minyak Kelapa dan Mentega, Mana Yang Lebih Berbahaya ?

Minum-minuman yang sangat panas memang bukan menjadi penyebab utama terjadinya kanker esofagus. Namun menurut para ilmuwan beberapa kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol diduga menjadi penyebab utama kanker esofagus.

Kebanyakan angka penderita kanker esofagus banyak terjadi di Asia, Amerika Selatan dan Afrika Timur. Hal ini disebabkan pola kebiasaan yang buruk seperti merokok, minum alkohol dan suka minum-minuman yang panas.

Untuk itu sangat disarankan bagi kita untuk tidak sering minum minuman yang terlalu panas. Sebaiknya kita membiarkannya terlebih dahulu sampai sedikit dingin baru kita minum. Dengan demikian kita bisa terhindar dari resiko kanker esofagus.

Baca Juga  Manfaat Lain Melakukan Diet Selain Melangsingkan Badan

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait :Dampak Buruk Minuman Berenergi Bagi Takanan Darah dan Kesehatan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *