Benarkah Minum Kopi Bisa Menyebabkan Jantung Berdebar ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Benarkah minum kopi bisa menyebabkan jantung berdebar-debar ?. Jenis minuman yang satu ini memang memiliki penggemar yang sangat banyak khususnya kaum pria. Hal ini dibuktikan dengan semakin menjamurnya warkop (warung kopi) seperti yang saat ini kita lihat. Ini membuktikan bahwa masyarakat kita sangat suka dengan minuman kopi.

sumber gambar : http://obatjantungbocoralami.com

Sayangnya ada anggapan bahwa minum kopi bisa menyebabkan jantung berdebar-debar, benarkah demikian ?. Minuman kopi lebih banyak dikenal orang sebagai jenis minuman yang bisa menambah semangat dan konsentrasi. Selain rasanya yang nikmat, faktor tersebut yang membuat banyak orang suka minum kopi. Namun ternyata pada sebagian orang justru merasakan jantung berdebar setelah minum kopi.

Baca Juga  Hati-hati, Patah Hati Bisa Meningkatkan Resiko Kematian

Dari sudut pandang medis, jantung yang berdebar-debar dan lebih cepat dikenal dengan istilah aritmia. Penyakit ini tergolong jenis penyakit yang berhubungan dengan irama jantung yang tak teratur. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami henti jantung dan meninggal secara mendadak.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa banyak perdebatan tentang minuman kopi yang bisa memicu jantung menjadi berdebar-debar. Bukan hanya pada minuman kopi saja, jenis minuman lain yang mengandung kafein juga erat dikaitkan dengan masalah aritmia ini. Mereka beranggapan bahwa yang menjadi pemicu kopi bisa memicu jantung berdebar-debar adalah kandungan kafein yang tinggi.

Baca Juga  Tips Mencegah Penularan MERS Saat Ibadah Haji

Bagi mereka yang sebelumnya tak punya masalah atau riwayat penyakit jantung, maka minum kopi tidak akan menyebabkan jantung menjadi berdebar-debar. Tetapi bagi mereka yang pernah punya riwayat jantung berdebar-debar atau aritmia sebaiknya menghindari jenis minuman yang satu ini.

Meskipun demikian bagi kamu yang sehat bukan berarti tanpa resiko jika minum kopi terlalu banyak. Bila kamu minum kopi terlalu banyak, maka bisa sangat mungkin akan menyebabkan detak jantung berdetak lebih kencang dan cepat. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar kafein yang masuk ke dalam tubuh kita. Jadi sangat disarankan untuk minum kopi tidak lebih dari 2-3 gelas dalam sehari.

Baca Juga  Cara Mengurangi Ketergantungan Pada Kopi Dengan Minuman Alami

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Gangguan Irama Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *