Benarkah Minum Banyak Akan Menyehatkan Ginjal ?

header niko 728 x 90

minum air putih

InspirasiBersama.com – Air merupakan unsur yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan asupan air yang cukup maka beberapa organ tubuh akan bisa bekerja dengan baik. Sebaliknya apabila tubuh mengalami kekurangan cairan, maka banyak organ tubuh yang mengalami gangguan termasuk ginjal. Kebanyakan masyarakat menganggap untuk menyehatkan ginjal kita harus minum air putih yang banyak. Anggapan ini adalah salah, yang benar adalah ginjal akan sehat jika cukup terpenuhi kebutuhan cairan tubuh. Artinya kita tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi air.

Dalam sebuah wawancara, seorang dokter spesialis penyakit dalam yang bernama dokter Tunggul D Situmorang SpPD menuturkan dalam sehari semalam normalnya tubuh kita mengeluarkan urin sebanyak satu sampai satu setengah liter. Kalau kita takar sama dengan tujuh sampai delapan gelas. Belum lagi dengan proses penguapan yang dilakukan oleh tubuh sekitar 700-800 gram. Artinya adalah kebutuhan minum orang Indonesia rata-rata hampir delapan gelas sehari.

Baca Juga  Bahaya Sering Menggunakan Obat Tidur Bagi Kesehatan

Namun kebutuhan itu tidak mutlak harus minum delapan gelas sehari, tergantung aktivitas masing-masing. Ada kalanya orang mempunyai aktivitas yang tinggi maka kebutuhan akan cairan juga harus tinggi. Namun jika aktivitas fisik kita rendah maka kebutuhan cairan juga akan lebih sedikit.

Baca Juga : Pentingnya Minum Air Meskipun Dalam Ruangan AC

Para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi air secara berlebihan. Dengan konsumsi air secara berlebihan justru malah membuat kinerja ginjal kita mengalami penurunan karena banyaknya cairan yang harus dikeluarkan. Sebenarnya secara normal tubuh akan memberikan sinyal saat kekurangan cairan yaitu dengan merasa haus. Nah saat kita merasakan haus itulah sebenarnya tubuh kita mengalami dehidrasi dan kita diperintahkan untuk rehidrasi dengan minum air yang cukup.

Baca Juga  Manfaat Seorang Ayah Yang Sering Membacakan Cerita Pada Anak

Kesimpulannya adalah anggapan masyarakat untuk minum banyak agar ginjal menjadi sehat adalah tidak benar. Yang benar adalah lakukan konsumsi cairan secara cukup dan tidak berlebihan, sesuaikan dengan aktivitas kita. Rata-rata kebutuhan cairan orang Indonesia dalam sehari adalah delapan gelas sehari. Jangan sampai saking inginnya mempunyai ginjal yang sehat, dalam sekali minum kita bisa menghabiskan empat gelas. Wah ini asumsi yang salah.

Baca Juga  Terlalu Banyak Konsumsi Susu Tidak Baik Bagi Kesehatan Anak

Artikel Terkait : Apa Saja Yang Harus dilakukan Agar Memiliki Ginjal Sehat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *