Benarkah Menyusui Bisa Menyebabkan Payudara Menjadi Kendur ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Payudara yang mengendur merupakan hal yang normal terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Namun jika hal itu terjadi pada usia masih produktif, hal itu akan mengganggu penampilan seorang wanita. Muncul sebuah pertanyaan bahwa benarkah menyusui bisa menyebabkan payudara menjadi kendur ?

 

Munculnya pertanyaan tersebut membuat banyak wanita yang enggan menyusui anaknya. Padahal memerikan ASI secara eksklusif kepada bayi sangatlah penting bagi perkembangan kesehatannya.

menyusui-anak

sumber gambar : IbuHamil.Info

Munculnya payudara yang mengendur setelah proses persalinan atau setelah menyusui lebih disebabkan karena terjadinya penurunan atau kenaikan berat badan seorang ibu saat hamil dan menyusui. Jadi menurut para pakar kesehatan kegiatan menyusui tidak menyebabkan payudara menjadi kendur.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengatasi Mudah Ngantuk Saat Puasa Ramadhan ?

Baca Juga : Tips Agar Payudara Tidak Mudah Kendur

 

Saat seorang wanita pasca melahirkan akan mengalami perubahan bentuk dan ukuran payudara. Hal ini disebabkan karena terjadinya produksi ASI dalam payudara. Dan tak jarang menyebabkan kondisi payudara menjadi membengkak.

 

Namun jika anda menyusui bayi, maka bentuk dan ukuran payudara akan kembali ke bentuk semula secara perlahan-lahan. Kondisi ini juga akan terjadi saat anda melakukan penyapihan kepada anak. Bentuk payudara akan kembali seperti semula seperti anda belum hamil.

Baca Juga  Waspada Mengkonsumsi Suplemen Sembarangan Karena Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Hati

 

Namun jika ternyata anda merasakan bentuk dan ukuran payudara berubah, maka kondisi ini lebih disebabkan karena selama menyusui anda mengalami peningkatan atau penurunan berat badan. Jadi perubahan bentuk dan ukuran payudara bukan disebabkan karena kegiatan menyusui ya.

Artikel Terkait : Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *