Benarkah Menggunakan Bra Bisa Memicu Kanker Payudara ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Setiap tanggal 13 Oktober semua orang di dunia akan memperingati hari ‘ No Bra Day’ yang artinya hari tanpa bra. Sebenarnya peringatan ini bertujuan untuk menyadarkan wanita tentang kanker payudara. Benarkah menggunakan bra bisa memicu kanker payudara.

 

Meskipun demikian, bukan berarti menggunakan bra erat kaitannya dengan resiko kanker payudara. Ternyata isu menggunakan bra bisa menyebabkan kanker payudara sudah lama ada. Bahkan diketahui sejak tahun 1955 isu ini sudah muncul menurut buku Dressed to Kill.

Woman fastening bra

sumber gambar : Tabloidnova.com

Disebutkan dalam buku tersebut bahwa menggunakan bra bagi seorang wanita akan menyebabkan terjadinya penekanan pada sistem kelenjar getah bening sehingga membuat racun akan terjebak yang menyebabkan payudara menjadi membengkak.

Baca Juga  Solusi Meningkatkan Berat Badan Bagi Yang Berbadan Kurus

Namun pendapat tersebut tidak diiringi dengan sebuah hasil penelitian. Oleh karena itu banyak para pakar yang membantah kalau menggunakan bra bisa menyebabkan resiko kanker payudara. Sampai saat ini belum ada sebuah studi yang membuktikan kalau menggunakan bra bisa menyebabkan munculnya kanker payudara.

Baca Juga : Manfaat Sering Makan Wortel Bisa Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Bahkan dalam sebuah studi lain yang sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention yang menyatakan bahwa tidak ditemukan resiko kanker bagi seorang wanita yang menggunakan bra meskipun pada wanita pasca menopause.

Baca Juga  Bisakah Kadar Asam Urat Menjadi Rendah ?

Bahkan menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa meskipun seorang wanita menggunakan bra yang berkawat tidak menyebabkan munculnya kanker payudara.

Jadi dapat disimpulkan kalau hubungan menggunakan bra dengan munculnya kanker payudara hanyalah sebuah mitos saja. Hal ini berlaku bagi jenis bra kawat maupun tidak.

Munculnya sebuah kanker payudara pada wanita lebih disebabkan karena faktor usia (lebih dari 50 tahun), mempunyai keturunan kanker payudara, gangguan hormonal, dan pola hidup dan makan yang tidak sehat. Jadi kita harus menghindarkan resiko tersebut jika tidak ingin terkena kanker payudara.

Baca Juga  Tips Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

Artikel Terkait : Manfaat Brokoli Bagi Penderita Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *