Benarkah Menarik Nafas Dalam-dalam Dapat Menenangkan Diri?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Di saat kita sedang merasa cemas atau tegang, cara yang biasa dilakukan untuk menenangkan diri adalah dengan menarik nafas dalam-dalam kemudian di hembuskan dengan pelan-pelan.

sumber gambar : http://www.bdp.co.id

Ternyata cara ini dipercaya sangat efektif untuk menenangkan diri. Para ahli menjelaskan jika bernafas adalah proses makhluk hidup saat menghirup oksigen untuk menghasilkan energi dan melepaskan karbondioksida.

Sebenarnya sudah lama manusia memahami jika menarik nafas dalam-dalam dan lama dapat memiliki efek menenangkan dan juga dapat mengurangi rasa stres.

Baca Juga  Inilah Cara Belajar Anak Yang Mempunyai Gaya Kinestetik

Baca Juga : Manfaat Menangis Saat Stres

Ketika terjadi rasa panik pada seseorang biasanya rasa panik itu dapat menjadikan orang itu mengalami sulit bernafas. Maka kondisi ini harus di waspadai karena hal ini dapat membuat rasa tidak nyaman. Kondisi ini membuat para ahli berupaya mengatasi dengan cara mempelajari saraf yang berkaitan dengan efek menarik nafas dalam-dalam.

Baca Juga  Banyak Makan Bisa dipengaruhi Oleh Kurang Tidur

Penelitian mengungkapkan, bahwa sirkuit saraf di semua otak mengatur proses bernafas, tetapi para peneliti belum mengetahui dimana jalur saraf yang mengaitkan bernafas dalam-dalam dengan status emosional.

Dalam sebuah studi terbaru, para peneliti mencoba untuk meneliti area otak terkait dengan pernafasan dalam dengan menggunakan teknik pemetaan saraf, pada tikus yang telah di rekayasa genetika. Dan akhirnya para peneliti menemukan saraf-saraf yang memberikan efek ketenangan pada saat bernafas dalam.

Baca Juga  Tips Mengatasi Wanita Yang Sulit Hamil Karena Alergi Sperma

Dengan menarik nafas dalam-dalam merupakan cara yang mudah dan aman untuk di lakukan semua orang, untuk mengendalikan rasa panik,cemas, dan juga stres.
Artikel Terkait : Menghirup Wewangian Dapat Meredakan Stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *