Benarkah Masuk Angin Merupakan Jenis Penyakit Yang Hanya Ada di Indonesia

header niko 728 x 90

masuk angin

InspirasiBersama.com – Sebagai orang Indonesia sudah pasti tak asing lagi dengan penyakit masuk angin. Sering kali mendengar perkataan orang tua dimana saat kita kecapean kemudian muntah, pusing maka mereka mengatakan kita masuk angin. Padahal secara ilmu kedokteran tidak dikenal dengan istilah masuk angin. Bahkan ada yang mengatakan masuk angin hanya ada di Indonesia. Di banyak negara di dunai tidak ada yang namanya masuk angin.

Menurut seorang dokter spesialis penyakit dalam yang bernama Dr. Mulia Sp.PD mengatakan yang dinamakan masuk angin adalah saat orang mengalami rasa pegal, perut kembung, mual, muntah, baung angin terus, flu, batuk dan demam. Kalau ada seseorang mengalami gejala seperti itu maka orang Indonesia biasa menyebutnya dengan masuk angin.

Baca Juga  Saat Hamil Jangan Sembarangan Menggunakan Obat Pereda Nyeri

Menurut dokter Mulia masuk angin tidak ada dalam istilah kamus kedokteran.

Untuk penyebab masuk angin sendiri bermacam-macam. Anggapan yang salah tentang masuk angin adalah bukan berarti ada banyak angin yang masuk ke dalam tubuh kita. Dengan penyebab masuk angin yang bermacam-macam, maka untuk penanganan masuk angin juga berbeda tergantung penyebabnya.

Baca Juga  Tanda Testosteron Pria Menurun

Bagi masyarakat Indoensia, saat ada seseorang mengalami masuk angin maka akan selalu melakukan kerokan dengan harapan angin yang masuk bisa keluar. Padahal kalau masuk angin dengan gejala perut yang kembung dilakukan kerokan maka tidak akan membantu menyembuhkan masuk angin.

Dari segi ilmu kedokteran, mengatasi masuk angin dengan metode kerokan tidak disarankan. Hal ini dikarenakan melakukan kerokan pada bagian tubuh tertentu tidak akan bisa memberikan efek menyembuhkan pada kasus masuk angin. Apabila anda merasakan gejala masuk angin yang berlangsung berhari-hari maka sangat disarankan untuk memeriksakannya ke dokter terdekat.

Baca Juga  Penyebab Anda Sulit Bangun Pagi

Artikel Terkait : Dampak Negatif Berkendara Motor Tanpa Memakai Jaket Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *