Benarkah Makan Timun Bisa Membantu Menurunkan Darah Tinggi ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Hipertensi atau dikenal dengan penyakit darah tinggi merupakan jenis penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat kita. Data pada tahun 2007 menyebutkan bahwa ada sekitar 31,7 persen dari total penduduk Indonesia mengalami penyakit darah tinggi. Yang berbahaya adalah sekitar 7,2 persen tak sadar jika mengalami darah tinggi. Padahal darah tinggi bisa menjadi pemicu beberapa penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Yang menjadi penting adalah bagaimana cara alami menurunkan darah tinggi ? Benarkah makan mentimun bisa membantu menurunkan darah tinggi ?

sumber gambar : http://www.sehatfresh.com

Ternyata menurut pendapat para pakar kesehatan mengatakan bahwa menurunkan tekanan darah dengan mengkonsumsi makanan tertentu tak akan bisa dilakukan dengan efektif. Seperti halnya mengkonsumsi timun. Namun jika kita rutin mengkonsumsinya setiap kali makan, maka bisa bermanfaat mencegah adanya lonjakan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena timun rendah kandungan sodium, kalium yang tinggi sekitar 442 mg. Dengan kandungan kalium yang tinggi, maka akan berefek pada melebarnya pembuluh darah sehingga mampu membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga  Sering Berkeringat Pada Malam Hari

Bukan hanya bisa digunakan untuk mencegah lonjakan tekanan darah saja, berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi mentimun beserta kulitnya ternyata hanya mengandung 45 kalori yang terbilang sedikit. Selain itu mengkonsumsi mentimun juga bisa bermanfaat mengendalikan nafsu makan yang berlebih.

Lantas hal yang terpenting untuk diperhatikan bagi penderita darah tinggi adalah menaga berat badan yang ideal. Menjaga berat badan tetap ideal bagi penderita hipertenti akan bisa mencegah terjadi berbagai jenis penyakit berbahaya. Jika anda mengalami penyakit hipertensi sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan obat hipertensi yang tepat. Jika sudah demikian anda boleh menambah konsumsi makanan seperti timun untuk membantu menurunkan tekanan darah anda.

Baca Juga  Manfaat Besar Melakukan Meditasi Bagi Kesehatan

Baca Juga : Cara Mengenali Penyebab Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *