Benarkah Konsumsi Kuning Telur Tidak Menyebabkan Kolesterol Naik ?

header niko 728 x 90

kandungan kolesterol telur

InspirasiBersama.com – Benarkah konsumsi kuning telor tidak menyebabkan kolesterol naik ?. Pertanyaan ini sering kita dengar bagi mereka yang suka akan konsumsi telur. Hal ini dinilai wajar karena kita tahu bahwa meningkatnya kadar kolesterol erat kaitannya dengan beberapa penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

 

Agar kita terhindar dari penyakit jantung dan pembuluh darah, maka para pakar kesehatan sangat merekomendasikan kepada kita untuk melakukan diet kolesterol. Kebanyakan dari kita saat mendengar diet kolesterol akan menganggap menghindari konsumsi telor sebagai salah satu bagian diet kolesterol.

 

Menurut salah seorang profesor ilmu makanan dan nutrisi yang berasal dari University of Illinois mengatakan bahwa jika orientasi kita adalah mewujudkan kadar kolesterol dalam darah yang sehat dan terhindar dari penyakit jantung, maka tidak mengkonsumsi telur merupakan hal yang tidak relevan.

Baca Juga  Kebiasaan Suka Ngemil Bisa Disebabkan Karena Kurang Tidur

 

Yang harus kita garus bawahi disini adalah, berdasarkan sebuah studi mengatakan bahwa tinggi kadar kolesterol seseorang tidak memastikan akan terjadinya penyakit jantung. Hal itu dibuktikan dalam sebuah studi yang menyebutkan bahwa hanya ada kurang dari setengah responden yang dilakukan penelitian yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi yang positif menderita penyakit jantung.

Baca Juga : Tips Mengenali Kadar Kolesterol Yang Tinggi

 

Menurut seorang ahli jantung yang bernama Patricia Vassallo, MD mengatakan bahwa apabila kita menginginkan kadar kolesterol baik dalam pembuluh darah kita, maka yang harus kita hindari adalah konsumsi makanan yang kaya kandungan lemak trans. Selain itu kita harus banyak mengkonsumsi makanan  yang kaya kandungan asam lemak omega-3 serta banyak makan buah dan sayur. Jadi menurutnya kita tidak perlu menganggap telur sebagai musuh kita.

Baca Juga  Dampak Buruk Memiliki Tubuh Yang Langsing Namun Banyak Tumpukan Lemak

 

Tahukah kita bahwa telur merupakan jenis makanan yang kaya kandungan protein yang paling mudah untuk dicerna oleh tubuh kita dibandingkan dengan jenis protein lain. Hal ini menunjukkan bahwa telur sangat baik untuk kita konsumsi untuk memberikan kecukupan kebutuhan protein. Saat kita mengkonsumsi satu butir telut, maka akan ada sekitar tujuh gram protein yang bisa dicerna oleh tubuh kita.

 

Sementara itu dalam sebuah hasil studi yang l,ain yang dilakukan para peneliti yang berasal dari University of Surrey Inggris mengatakan bahwa dalam kuning telur terdapat banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh seperti fosfor, zinc, kolin, vitamin B dan antioksidan.

 

Jika kita mengkonsumsi kuning telur dan putih telur, maka akan ada lebih banyak manfaat lagi bagi kesehatan tubuh kita diantaranya mampu mengurangi resiko inflamasi, mampu menurunkan berat badan yang berlebih, serta membuat otak kita semakin cerdas.

Baca Juga  Inilah Manfaat Yang Akan Terjadi Jika Kita Suka Berjalan Kaki

 

Bahkan menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 menyebutkan bahwa seseorang yang terdiagnosa penyakit arteri koroner oleh dokter, maka saat diberikan rangsangan makan dua butir telur setiap harinya ternyata hasilnya tidak apa-apa. Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal American Heart Journal.

Artikel Terkait : Apa Saja Manfaat Telur Bagi Kesehatan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *