Benarkah Kadar Testosteron Yang Tinggi Pada Pria Bisa Mendongkrak Lebih Murah Hati ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa hormon yang sangat erat kaitannya dengan pria yang berhubungan dengan kejantanan ini bisa mendongkrak seorang pria menjadi lebih murah hati. Ini menjadi manfaat lain testosteron selain bisa membuat seorang pria makin macho.

 

Hal ini juga sudah dibuktikan dengan sebuah hasil studi yang menyebutkan kalau hormon testosteron pada pria juga bisa berpengaruh terhadap kekuatan otot, emosi dan agresi seorang pria. Ini menunjukkan kalau pria dengan kadar testosteron yang tinggi akan lebih terlihat mengesankan dengan pria lain dengan kadar testosteron yang lebih rendah.

pria-yang-murah-hati

sumber gambar : lifestyle.okezone.com

Untuk membuktikan hal ini para peneliti telah melakukan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jean-Claude Dreher yang berasal dari University College Dubin. Penelitian ini telah melibatkan 20 orang pria dan 20 lainnya mendapatkan perlakukan pemberian plasebo (injeksi kosong).

Baca Juga  Bahaya Ngantuk Berlebihan Pada Siang Hari

 

Dari para peserta studi tersebut mereka diminta untuk mengikuti sebuah eksperimen yang mereka sebut dengan Ultimate Game. Dalam sebuah eksperimen tersebut para peserta diminta untuk bagaimana caranya membagi uang sebanyak 12 Euro dengan teman yang lain. Mereka juga diberi kesempatan untuk memberikan hukuman dan hadiah kepada teman yang lain.

 

Saat permainan berlangsung, ternyata pria dengan kadar testosteron yang sedang atau rendah akan mengalami mudah memberikan hukuman kepada rekan yang lain karena tidak memberikan penawaran yang adil.

Baca Juga  Cara Mengetahui Adanya Gangguan Pendengaran Pada Bayi

 

Namun disisi lain bagi seorang pria yang mendapatkan penambahan jumlah testosteron dalam tubuhnya diketahui lebih menerima tentang sebuah penawaran yang besar yang membuat mereka lebih pemurah.

Baca Juga : Pentingnya Hormon Testosteron Bagi Kesuburan Pria

 

Dengan kata lain bahwa pria dengan kadar testosteron yang lebih tinggi ternyata diketahui lebih memiliki rasa murah hati dan sangat pro sosial dibandingkan dengan pria dengan kadar testosteron yang lebih rendah.

 

Meskipun demikian, para peneliti belum menemukan penyebab mengapa pria dengan kadar testosteron yang lebih tinggi cenderung lebih agresif dan murah hati. Kemungkinan hal ini akan sama terjadi pada hewan primata yang mempunyai kemiripan dengan manusia yang mengindikasikan kadar testosteron yang tinggi menjadi sebuah hirarki sosial.

Baca Juga  Hati-hati, Patah Hati Bisa Meningkatkan Resiko Kematian

Artikel Terkait : Manfaat Paparan Cahaya Matahari Bagi Organ Seksual Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *