Benarkah Hubungan Seks Saat Kehamilan Bisa Menyebabkan Persalinan Dini ?

header niko 728 x 90

hubungan seks saat hamil

InspirasiBersama.com – Banyak masyarakat kita yang beranggapan bahwa hubungan seks selama kehamilan akan meningkatkan resiko persalinan dini. Hal ini adalah salah besar. Tidak ada pantangan berhubungan seks bagi wanita yang hamil karena tidak menimbulkan persalinan dini.

Menurut seorang konsultan ginekologi dari Birmingham yang bernama Dr. Gabrielle Downey mengatakan secara teori berhubungan seks saat hamil bisa saja menyebabkan persalinan dini. Namun disini dengan catatan memang sudah dekat dengan waktu kelahiran normal. Kalau masih belum waktunya untuk melahirkan, maka berhubungan seks aman.

Baca Juga  Cukup Hanya Berjalan Kaki Selama 30 Menit Sehari Akan Memberi Manfaat Yang Besar Bagi Kesehatan

Secara teori memang sperma seorang pria mengandung protaglandin. Dan prostaglandin memang biasa dipakai dalam merangsang persalinan. Namun perlu diketahui kandungan prostaglandin pada sperma yang keluar saat berhubungan seks sangat kurang untuk bisa menyebabkan kontraksi bagi wanita yang hamil untuk merangsang persalinan.

Terus mengapa ada orang yang merasakan kontraksi setelah melakukan hubungan seks ?. hal ini disebabkan oleh otot uterus yang ,mengalami penegangan akibat hubungan seks atau lebih dikenal dengan Braxton Hicks.  Kebanyakan orang salah mengartikan kontraksi ini sebagai kontraksi menjelang persalinan. Kontraksi jenis ini biasanya terjadi pada saat trimester kedua dan ketiga.

Baca Juga  Cara Menilai Berat Badan Kita Sehat atau Tidak

Kontraksi Braxton Hicks biasanya berlangsung tidak lama hanya sekitar 20-30 detik saja. Hal ini berbeda sekali dengan kontraksi menjelang melahirkan yang bersifat progesif, sering terjadi dan dibarengi dengan rasa sakit yang makin menjadi.

Jadi kesimpulannya adalah hubungan seks saat hamil tidak menyebabkan kontraksi yang menyebabkan persalinan dini. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait : Apa Saja Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *