Benarkah Hobi Selfie Merupakan Penyakit Mental ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Hidup di jaman serba gadget seperti sekarang ini tak asing dengan yang namanya selfie. Kecanggihan teknologi pada smart phone membuat orang mudah mengabadikan sesuatu seperti selfie. Namun kalau kita amati sekarang ini banyak orang yang termasuk kecanduan selfie. Apakah hal ini baik bagi kesehatan mental ?

sumber gambar : detik.com

Ternyata menurut sebuah hasil penelitian yang publikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama International Journal of Mental Health and Addiction menyebutkan bahwa orang yang kecanduan selfie termasuk dalam kategori orang yang mengalami gangguan mental.

Baca Juga  Beberapa Gangguan Kesehatan Yang Bisa Membuat Rambut Rontok

Penelitian tentang ini dilakukan oleh salah seorang pakar kesehatan yang bernama Janarthanan Balakrishnan yang berasal dari Thiagarajar School of Management yang ada di Indonesia. Penelitian ini melibatkan 600 dari kalangan mahasiswa dengan rata-rata usia 20 tahun. Para peneliti berusaha mencari tahu seberapa banyak yang tergolong selfitis akut, sedang dan kronis.

Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa sebanyak 34% termasuk selfitis sedang, untuk yang akut sebanyak 25 % dan sebanyak 50% tergolong selfitis kronis. Ternyata yang paling banyak melakukan selfie adalah kalangan pria sebanyak 57,5% dan wanita sebanyak 42,5%.

Baca Juga  Manfaat Rajin Berolahraga Bagi Wanita Hamil

Para peneliti menyebutkan bahwa penyebab kebanyakan orang melakuka selfie adalah disebabkan karena rasa percaya diri yang kurang dan mereka berusaha untuk membaur dengan msayarakat.

Menurut para pakar, orang yang dikatakan selfitis adalah mereka yang bisa setiap hari melakukan selfie sebanyak 1-4 kali. Untuk ketegori selfie yang kronis adalah mereka yang bisa sampai 8 kali melakukan selfie. Yang lebih parah lagi adalah mereka juga melakukan post di media sosial.

Baca Juga  Manfaat Jus Ceri Bisa Membuat Tidur Lebih Lelap

Artikel Terkait : Dampak Psikologis Akibat Kecanduan Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *