Benarkah Diet Paleo Tidak Sehat dan Beresiko Gemuk ?

header niko 728 x 90

diet paleo

InspirasiBersama.com – Pernahkah anda mendengar tentang diet Paleo ?. Diet Paleo merupakan program diet yang terkenal mampu menurunkan berat badan dan conon katanya bisa membuat otot menjadi lebih padat. Namun kabar tidak sedap berhembus setelah adanya sebuah studi yang menyatakan diet Paleo tidak sehebat yang kita kira. Benarkah diet Paleo tidak sehat dan beresiko gemuk ?

Banyak orang mengenal diet Paleo dengan sebutan diet manusia gua. Pada program diet Paleo menekankan pengurangan konsumsi karbohidrat namun tinggi lemak. Untuk sumber protein diet Paleo menyarankan memperoleh dari ikan, daging sapi, seafood dan beragam kacang-kacangan.

Baca Juga  Mengapa Saat Ejakulasi Tidak Mengeluarkan Sperma ?

Untuk jenis makanan yang dilarang dalam diet Paleo adalah jenis susu, kentang, sereal, gula, makanan yang asin serta makanan yang melalui sebuah proses.

Bagi pelaku diet Paleo ada sebuah pukulan yang telak yang muncul berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari Universitas Melbourne. Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa diet Paleo justru malah membuat pelakunya memiliki berat badan yang berlebih dan bisa dikatakan ‘berbahaya’.

Menurut Sof Andrikopoulus yang merupakan ketua dari penelitian mengatakan bahwa bahwa diet Paleo tidak cocok bagi anda yang saat ini mengalami obesitas dan sebelumnya mempunyai pola hidup yang kurang banyak aktivitas.

Baca Juga  Remaja Yang Obesitas Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Liver

Menurut Sof, diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang ditekankan oleh diet Paleo sangat berbahaya bagi mereka yang mengalami diabetes dan pra diabetes. Menurutnya diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak memang sangat populer di dunia, namun sampai saat ini belum ada sebuah penelitian yang menyebutkan diet model ini efektif. Sof juga menyebutkan saat seseorang jarang melakukan aktivitas fisik dan melakukan diet Paleo, maka akan memicu obesitas.

Bagi anda yang saat ini memiliki berat badan berlebih dan terdeteksi mengalami diabetes, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi dahulu apabila menjalani sebuah program diet. Hal ini sangat penting dikarenakan penderita diabetes sangat rentan mengalami hipoglikemia (penurunan kadar gula) dan hiperglikemi (peningkatan kadar gula) yang bisa sewaktu-waktu membahayakan nyawa penderitanya.

Baca Juga  Mengupas Lebih Dalam Tentang Penyakit Skoliosis Yang Sering Kali Membuat Nyeri Punggung

Sumber : Kompas

 

Artikel Terkait : Beberapa Penyebab Gagalnya Program Diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *