Benarkah Dengan Sering Sakit Akan Membuat Antibodi Tubuh Lebih Kuat ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita berdasarkan sebuah hasil studi menyatakan bahwa orang yang gampang sakit, ternyata akan membuat antibodi dalam tubuh lebih kuat. Hal ini meruntuhkan anggapan banyak orang yang menganggap kalau gampang sakit menjadi indikator kondisi tubuh yang lemah.

Penelitian tentang ini dilakukan oleh para tim peneliti yang berasal dari Washington University School of Medicine yang berada di AS. Menurutnya, orang yang gampang sakit atau sering mengalami sakit akan membuat sistem imun lebih terlatih menghadapi suatu penyakit. Dengan begitu akan membuat sistem imun menjadi lebih kuat kedepannya.

Baca Juga  Berat Badan Yang Terlalu Gemuk Ataupun Yang Terlalu Kurus Dapat Mempengaruhi Kesuburan

Dalam penelitian tersebut para peneliti menggunakan penyakit lesmaniasis sebagai uji cobanya. Jenis penyakit ini adalah sebuah infeksi yang disebabkan karena lalat pasir sehingga mengakibatkan munculnya sebuah koreng pada kulit atau bahkan sampai muncul rongga perut.

Para peneliti menyatakan bahwa saat seseorang lebih sering mengalami leishmaniasis, maka sistem imun alami tubuh akan menjadi lebih peka sehingga akan membuat pertahanan yang lebih kuat agar tidak terinfeksi kembali.

Baca Juga  Kenali 3 Tanda Orang Tua Yang Butuh Perhatian Anak

Baca Juga : Beberapa Hal Yang Membuat Daya Tahan Tubuh Menurun

Kondisi tersebut diyakini akan berlaku sama dengan beberapa jenis penyakit lain yang disebabkan karena bakteri maupun virus. Beberapa contoh penyakit seperti herpes, tuberkulosis dan cacar air.

Hal ini juga banyak terjadi di banyak orang yang jarang sekali terjadi infeksi yang sama sampai dua kali. Saat terdapat bakteri atau virus yang sama masuk dalam tubuh seseorang, maka sel pada sistem imun akan bereaksi untuk mengaktifkan respon imun yang bertugas membunuh patogen.

Baca Juga  Apa Rahasia Agar Awet Kenyang Selama Puasa ?

Artikel Terkait : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *