Benarkah Dengan Rajin Sikat Gigi Mampu Mencegah Kanker ?

header niko 728 x 90

rajin sikat gigi

InspirasiBersama.com – Berdasarkan hasil sebuah studi menyatakan bahwa dengan rajin sikat gigi mampu mencegah terhadap kanker. Hal ini sesuai dengan arahan para orang tua kita sejak kecil yang menyuruh kita untuk melakukan sikat gigi minimal 2 kali sehari.

 

Kanker yang erat kaitannya dengan rajin menggosok gigi disini adalah kanker pankreas. Kanker pankreas merupakan salah satu kanker yang mematikan. Menurut para ilmuwan kanker pankreas sangat erat kaitannya dengan jenis bakteri yang berhubungan dengan sakit gusi.

 

Berdasarkan analisa para ilmuwan yang berasal dari Amerika menyatakan bahwa mereka yang terdapat jenis kuman tersebut pada mulut akan memiliki resiko tinggi terkena penyakit kanker pankreas pada 10 tahun kemudian.

 

Dari hasil penelitian tersebut para peneliti mempublikasikannya dalam sebuah American Association for Cancer Research yang berada di New Orlans. Dari hasil penelitian ini menunjukkan kepada kita bahwa hanya dengan rajin menyikat gigi kita bisa mencegah jenis kanker pankreas.

Baca Juga  Suka Berkhayal Ternyata Bisa Mengurangi Kebahagiaan

 

Tahukah kita bahwa jenis kanker pankreas merupakan jenis kanker yang paling mematikan dibandingkan dengan jenis kanker lainnya. Kanker pankreas juga sering melanda warga Inggris. Dalam setiap tahunnya ada sekitar 9.000 orang yang terdiagnosa kanker pankreas. Selain itu jenis kanker ini memiliki prosentase harapan hidup yang lebih sedikit.

 

Yang membuat kita harus waspada adalah kanker pankreas termasuk jenis penyakit yang tak tampak tanda dan gejalanya. Oleh karena itu kebanyakan dari penderita kanker pankreas tidak menyadari kalau menderita kanker.

 

Menurut pernyataan seorang dokter mengatakan bahwa gejala penyakit kanker pankreas sering disebut sebagai ‘serigala berbulu domba’. Hal ini dikarenakan gejalanya berupa masalah nyeri pada punggung, berat badan yang menurun dan kuning. Kebanyakan dokter akan mendiagnosa gangguan pencernaan bukan kanker pankreas.

Baca Juga  Benarkah Labuan Bajo Layak Menjadi Destinasi Kelas Dunia ?

 

Untuk menegakkan diagnosa ini perlu dilakukan sebuah uji skrining untuk mengetahui keberadaan dari bakteri yang terdapat pada mulut seseorang.

 

Dalam sebuah studi yang lain yang dilakukan di New York University menemukan bahwa ada sekitar 732 orang yang positif terdiagnosa kanker pankreas selama 10 tahun. Dari jumlah tersebut ada sekitar separuh yang bisa tetap hidup sehat.

 

Dari jumlah penderita tersebut para ilmuwan melakukan sebuah penelitian dengan cara mengambil sampel yang berasal dari mulut para penderita. Dari hasil studi ini menyebutkan bahwa mereka yang terdapat jenis kuman P.ginggivalis memiliki resiko lebih besar menderita kanker pankreas dibandingkan dengan mereka yang tidak mengandung kuman tersebut.

Baca Juga  Nafsu Makan Meningkat Menjelang Menstruasi

 

Bakteri tersebut merupakan jenis bakteri yang menyebabkan gangguan pada gusi yang tergolong berat. Para peneliti juga melakukan analisa mengapa kuman jenis ini bisa berperan dalam meningkatkan resiko pada kanker pankreas.

 

Untuk itu untuk mencegah penyakit kanker pankreas ini para ilmuwan menyarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara rajin menggosok gigi. Selain itu faktor gaya hidup dan pola makan yang sehat juga turut berperan.

Artikel Terkait : Pentingnya Kekebalan Tubuh Dalam Menangkal Kanker

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *