Benarkah Dengan Minum Kopi Penderita Diabetes Bisa Lebih Panjang Umur ?

header niko 728 x 90

sumber gambar : manfaat.co.id

InspirasiBersama.com – Saat ini minuman kopi menjelma menjadi salah satu minuman yang sangat populer di dunia. Bukan hanya itu saja, minuman yang satu ini juga dikenal punya manfaat yang besar bagi kesehatan. Tapi dengan catatan tak berlebihan dalam mengkonsumsinya karena kandungan kafein yang tinggi.

Menolak secangkir kopi memang menjadi hal yang sulit. Hal ini disebabkan karena kopi mempunyai aroma yang harum serta rasa yang enak. Bahkan pada beberapa orang suka sekali jika dicampur dengan madu atau susu.

Baca Juga  Dampak Buruk Orang Tua Yang Mudah Marah Terhadap Anak

Sudah banyak penelitian yang salah satunya dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Annals of Internal Medicine menyebutkan bahwa minuman kopi bukan hanya enak diminum tetapi juga bisa membuat kita panjang umur. Bahkan para pakar mengkaitkan kebiasaan minum kopi bisa mencegah terjadi penyakit diabetes.

 

Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa responden yang menderita diabetes dan rutin mengkonsumsi kopi dalam batas yang wajar, maka memiliki resiko kematian lebih rendah yaitu sebesar 18 persen dibandingkan dengan mereka yang tak punya kebiasaan minum kopi.

Baca Juga  Tips Mudah Mengenali 3 Jenis Miom

Bahkan sebanyak 51 persen responden yang terdiagnosa diabetes dan rutin mengkonsumsi kopi ternyata lebih mungkin memiliki umur yang panjang dibandingkan dengan penderita diabetes yang tak mau minum kopi.

Meskipun kopi terbukti secara ilmiah bisa membuat lebih panjang umur bagi penderita diabetes, namun perlu memperhatikan jumlah serta campuran saat membuat kopi. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan serta adanya tambahan gula maupun campuran lain berdampak kurang baik bagi kesehatan. Selain itu tidak disarankan untuk rutin mengkonsumsi kopi instan yang banyak mengandung bahan tambahan.
Artikel Terkait : Tips Puasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *