Benarkah Dengan Banyak Berkeringat Mampu Menurunkan Resiko Stroke ?

header niko 728 x 90

banyak mengeluarkan keringat

InspirasiBersama.com – Siapa yang tidak kenal dengan penyakit yang satu ini. Ya..stroke merupakan jenis penyakit syaraf yang kerap menyebabkan kematian bagi penderita. Bahkan stroke menjadi salah satu penyakit pembunuh tertinggi di dunia selain jantung. Ada anggapan bahwa dengan banyak berkeringat mampu menurunkan resiko stroke, benarkah demikian ?

Stroke merupakan jenis penyakit yang menyerang susunan saraf manusia. Pemicu utama dari penyakit ini adalah gaya hidup yang tidak sehat. Meskipun tergolong penyakit yang sangat mematikan, banyak diantara kita yang masih mempunyai gaya hidup yang tidak sehat yang bisa memicu stroke.

Jadi kunci utama agar kita terhindar dari penyakit stroke adalah dengan cara merubah pola hidup menjadi lebih baik. Salah satu cara yang paling efektif untuk merubah pola hidup yang sehat adalah dengan rutin mengeluarkan keringat dengan olahraga. Jadi benar kalau kita semakin sering mengeluarkan keringat akan menurunkan resiko stroke.

Baca Juga  Melakukan Pekerjaan Yang Membosankan Bisa Menyebabkan Mental Kurang Sehat

Ungkapan bahwa banyak mengeluarkan keringat bisa menurunkan resiko stroke bukan hanya sekedar pendapat saja. Hal ini telah dibuktikan oleh para ahli dengan melakukan sebuah penelitian yang telah melibatkan partisipan sebanyak 27.000 dengan rentan usia lebih dari 45 tahun. Memang dengan melakukan olahraga badan kita akan terasa lebih segar meskipun dengan banyak keringat akan membuat kita kurang nyaman. Namun dibalik itu ada sejuta manfaat besar bagi kesehatan tubuh kita.

Penelitian ini telah dilakukan selama 5,7 tahun dan melakukan pengamatan terhadap pola aktifitas yang dilakukan dengan rutin dengan kaitan resiko penyakit seperti stroke yang berbahaya.

Baca Juga  Banyak Sumber Radiasi disekitar Kita Yang Mempunyai Efek Pada Kesehatan

Hasil dari penelitian ini menemukan sebuah fakta bahwa mereka yang rutin melakukan aktifitas fisik yang banyak mengeluarkan keringat setidaknya dilakukan sebanyak empat kali dalam seminggu terbukti mampu menurunkan resiko stroke sampai 20 persen. Hal ini berbeda dengan mereka yang jarang mengeluarkan keringat dengan melakukan aktifitas fisik.

Bukan hanya resiko stroke saja yang akan menurun. Ada beberapa jenis penyakit berbahaya lain yang juga bisa kita turunkan, misalnya diabetes, darah tinggi, bahkan bisa menurunkan berat badan yang berlebih. Kita semua pasti tahu bahwa dengan berat badan yang berlebih menjadi pemicu banyak penyakit berbahaya seperti jantung, hipertensi, diabetes dan stroke.

Baca Juga  Jenis Shampo Yang Tidak disarankan Bagi Rambut Berminyak

Jadi, bagi anda yang saat ini ingin terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, maka mulai sekarang lakukan aktifitas olahraga yang bisa mengeluarkan banyak keringat secara rutin setiap hari. Dengan demikian maka bisa mencegah kita terhadap resiko penyakit berbahaya tersebut.

Artikel Terkait : Manfaat Makan Satu Buah Setiap Hari Sangat Besar Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *