Benarkah Daging Olahan Berpotensi Munculnya Kanker ?

header niko 728 x 90

daging olahanBerdasarkan laporan IARC ( International Agency for Research on Cancer ) mengemukakan bahwa daging olahan seperti sosis, bacon dan ham bisa memicu terjadinya kanker dalam tubuh kita. Ungkapan ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan kepada lebih dari 800 riset ilmiah tentang kanker.

Laporan IARC ini sebetulnya bukan hal yang baru tentang daging olahan. Sejak lama para ahli mempercayai bahwa segala bentuk daging olahan termasuk daging merah dapat memicu timbulnya kanker dalam tubuh kita. Biasanya kanker akan muncul pada organ-organ pencernaan kita seperti kanker usus dan kanker perut lainnya. Para ahli sudah lama sebenarnya tidak merekomendasikan konsumsi daging olahan jauh sebelum WHO mengumumkannnya.

Baca Juga  Penyebab Timbulnya Penyakit Kronik Pada Seseorang Sebagian Besar Karena Pola Makan Yang Buruk

Dalam hal ini para ahli belum mengetahui dengan pasti seberapa besar takaran daging olahan yang bisa memicu timbulnya kanker, tetapi mereka sangat percaya bahwa sekain anda mengkonsumsi daging olahan maka semakin besar pula resiko kita untuk terkena kanker.

Pernyataan IARC ini banyak menuai pertanyaan dari para produsen daging olahan. Mereka menganggap pernyataan itu lemah. Dan banyak kalangan juga yang menyangkal pernytaan IARC ini.

Baca Juga  Tips Sarapan Pagi Yang Sehat dan Praktis

 

Para ahli kesehatan dunia melakukann klarifikasi terhadap makanan dan benda-benda yang bisa memicu kanker. Para ahli mengelompokkannya ke dalam 5 kategori, diantaranya :

  1. Kelompok 1:  Kelompok karsinogenik, potensial besar menimbulkan kanker.
  2. Kelompok 2A:  besar kemungkinan menyebabkan kanker.
  3. Kelompok 2B: mungkin menyebabkan kanker.
  4. Kelompok 3: Belum pasti, belum cukup bukti.
  5. Kelompok 4: tidak menyebabkan kanker.

.

Menurut IARC produk daging olahan tergolong pada kategori 1, sedangkan untuk daging merah masuk dalam kategori nomer 2 yang mempunyai kemungkinan besar untuk bisa memicu  kanker.

Baca Juga  Sarankan Anak Untuk Bermain diluar Agar Terhindar Dari Obesitas

Sebagai seorang konsumen, kita seyogyanya boleh percaya dan boleh tidak percaya. Apabila kita merasa sedikit takut, maka disarankan untuk sedikit menghindari produk daging olahan meskipun kita sulit untuk bisa menghindarinya 100 persen.

 

Artikel Terkait : Menu Diet Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *