Benarkah Camilan Berlabel Sehat Belum Tentu Menyehatkan ?

header niko 728 x 90

memilih camilan yang sehat

InspirasiBersama.com – Sering kita menjumpai camilan yang berlabel sehat, bahkan hampir semua camilan ada tulisan itu. Hal itu untuk menarik minat para pembeli untuk mengkonsumsinya. Sebagai konsumen jangan langsung percaya dengan label tersebut. Pasalnya akhir-akhir ini banyak camilan yang ternyata tidak menyehatkan meskipun sudah berlabel sehat. Namun benarkah camilan berlabel sehat belum tentu menyehatkan ?

Adanya wacana ini karena sebuah badan pengawas makanan yang berasal dari Amerika yang bernama FDA rencananya akan mengevaluasi banyak makanan yang dijual dengan meneliti kandungan gizinya. Meskipun berlabel sehat, namun FDA akan tetap melakukan evalusi secara detail.

Selama ini FDA membolehkan sebuah produk makanan menuliskan label ‘sehat’ pada pembungkus apabila memang memenuhi kandungan gizi tertentu. Pedoman tersebut lebih pada pembatasan akan kandungan lemak, kolesterol dan kandungan sodium.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Kolesterol Baik ?

Ini artinya, menurut FDA makanan ringan atau camilan baru dikatakan sehat apabila tidak mengandung lemak yang melebihi 3 gram persajian, kandungan lemak jenuh yang rendah serta tidak banyak mengandung garam. Kandungan garam harus sesuai yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Mengapa Orang Yang Makan Keripik Sulit Untuk Berhenti

Dari ketentuan tersebut, ternyata menurut FDA ada banyak produk makanan camilan yang tidak memenuhi kriteria sehat yang telah ditetapkan. Produk tersebut contohnya adalah kacang-kacangan yang ternyata banyak mengandung lemak yang tinggi.

Para ahli menyarankan kepada kita apabila memilih jenis makanan camilan harus memperhatikan kandungan gula serta garam yang rendah disamping kandungan lemaknya. Hal ini dikarenakan apabila tubuh kita banyak asupan gula, lemak dan garam secara berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Baca Juga  Buah dan Sayuran Tertentu Bisa Juga Memicu Peningkatan Berat Badan

Sebenarnya jenis makanan kacang-kacangan memang mempunyai kandungan lemak sehat yang sangat bagus bagi kesehatan jantung kita. Namun banyak kita menjumpai produk kacang-kacangan yang ditambah dengan beberapa olahan sehingga menimbulkan rasa yang lebih ‘enak’. Namun jika diteliti lagi, ternyata ada banyak kandungan gula, garam serta lemak jahat yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Untuk mengantisipasi makanan seperti ini masuk ke dalam tubuh kita, maka sebaiknya kita tidak mudah percaya begitu saja memilih camilan atau makanan ringan meskipun terdapat label ‘sehat’. Hal ini untuk menghindari kandungan-kandungan yang tidak diinginkan masuk ke dalam tubuh kita yang bisa memicu penyakit.

Untuk menggantinya, maka cobalah beralih memilih camilan atau makanan ringan yang lebih menyehatkan tanpa ada efek zat berbahaya. Misalnya anda lebih memilih camilan buah segar yang anda sajikan dengan diiris kecil-kecil sehingga lebih menarik dan enak dalam mengkonsumsinya. Dengan memilih jenis camilan seperti itu, maka kita akan terbebas dari resiko obesitas serta zat-zat berbahaya yang bisa masuk ke dalam tubuh kita.

Baca Juga  Banyak Manfaat Yang didapat Dari Konsumsi Es Krim

Artikel Terkait : 4 Bahan Berbahaya Yang Sering Terdapat Pada Makanan Instan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *