Benarkah Batuk Bisa diredakan Dengan Mengunyah Bawang Putih Mentah ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengalami batuk yang sulit diredakan memang sangat mengganggu. Tak jarang orang melakukan segara cara untuk meredaknnya, salah satunya adalah dengan mengunyah bawang putih mentah. Benarkah hal ini bisa bermanfaat meredakan batuk yang membandel ?

sumber gambar : http://waroengsehat.com

Ternyata menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa kebiasaan ini adalah mitos. Bawang putih memang dikenal kaya akan kandungan anti radang yang bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun ternyata bukan berarti bisa kita manfaatkan saat kita sedang batuk.

Baca Juga  Orang Yang Rutin Mengkonsumsi Kopi Menghindarkan Dari Resiko Stres dan Depresi

Secara fisiologis, batuk adalah sebuah reaksi normal yang dilakukan oleh tubuh saat ada sebuah benda asing yang terdapat pada tenggorokan. Benda asing tersebut bisa berupa bakteri, virus, lendir maupun alergi. Dengan batuk, maka harapannya adalah benda asing tersebut bisa keluar dari tubuh kita.
Kandungan allicin yang tinggi pada bawang putih memang sangat bagus untuk menangkal virus, jamur maupun bakteri yang masuk dalam tubuh kita. Namun para pakar kesehatan mengingatkan bahwa mengkonsumsi bawang putih tidak bisa menyembuhkan batuk.

Baca Juga  Jangan Menyepelekan Penyakit Maag Karena Juga Bisa Menyebabkan Kematian

Jika kita mengkonsumsinya hanya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, bukan meredakan batuknya. Misalnya saja bisa mencegah terjadinya flu, bronchitis dan pnemonia. Jadi apabila kita sedang dilanda batuk yang membandel, maka langkah yang tepat adalah datang ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Artikel Terkait : Tips Membedakan Radang Tenggorokan Dengan Amandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *