Benarkah Banyak Remaja Amerika Yang Kecanduan Gadget ?

header niko 728 x 90

kecanduan gadget pada remaja

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Common Sense Media yang berada di Amerika menyebutkan bahwa ada lima puluh persen remaja Amerika yang mengaku kecanduan gadget. Kita tahu bahwa gadget sekarang ini menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia modern.

 

Dari hasil jajak pendapat yang dilakukan tersebut, didapatkan data berdasarkan pengkajian dengan melibatkan 1.240 para orang tua yang mempunyai anak berusia 12-18 tahun. Hasilnya adalah 66% orang tua setuju bahwa anak mereka banyak menghabiskan waktu untuk bermain gadget. Bahkan 52% remaja setuju dengan pendapat tersebut yang menyatakan banyak remaja yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain gadget.

 

Baca Juga  Kebiasaan Apa Saja Yang Bisa Memicu Depresi ?

Pada jaman serba canggih seperti saat ini, teknologi menjadi sebuah gaya hidup yang tidak bisa dilepaskan bagi kehidupan. Mulai dari kalangan anak, remaja sampai orang dewasa sangat membutuhkan teknologi seperti gadget. Oleh karena itu banyak orang sekarang ini yang kecanduan gadget.

 

Dampak kecanduan gadget bagi seorang remaja bisa dikategorikan berbahaya. Pasalnya remaja yang kecanduan gadget, maka akan lebih suka menyendiri dalam ruangan bermain game atau gadget dibandingkan dengan kegiatan sosialisasi dengan banyak teman diluar rumah.

Baca Juga : Tips Aman Menggunakan Gadget Agar Tidak Merusak Mata

 

Bahkan dalam sebuah hasil survei juga mengungkap bahwa 80% remaja mengakui sering membuka ponsel mereka dalam beberapa jam, bahkan ada sekitar 72% menyatakan penting untuk membalas pesan teks dan interaksi dalam sosial media.

Baca Juga  Tips Supaya Luka Tidak Meninggalkan Bekas

 

Dalam sebuah survei yang lain juga menyebutkan bahwa banyak orang tua yang berselisih pendapat tentang penggunaan gadget dengan anaknya. Bahkan hampir 77% para orang tua mengaku anaknya hanya fokus pada gadget saat ada kumpul keluarga.

 

Tidak berhenti pada lingkungan rumah saja. Dalam sebuah hasil survei lain yang dilakukan dilingkungan sekolah juga mendapatkan data yang sangat mencengangkan, bahwa kebanyakan dari para remaja akan fokus pada gadget mereka walaupun sedang berjalan depan kelas ke kelas yang lainnya. Mereka sepertinya menghiraukan teman-teman mereka yang banyak dalam lingkungan sekolah. Mereka akan baru berhenti menatap layar gadget saat menaiki sebuah tangga sekolah.

Baca Juga  Bersentuhan Dengan Orang Lain Memberi Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

 

Seorang remaja yang mengalami kecanduan gadget akan cenderung mengalami masalah kesehatan masyarakat. Mereka akan acuh terhadap kehidupan sosial bermasyarakat. Selain itu mereka juga rentan untuk mengalami depresi yang menjadi masalah kejiwaan. Itulah bukti bahwa banyak remaja sekarang ini yang kecanduan terhadap gadget.

Artikel Terkait : Dampak Psikologis Akibat Kecanduan Media Sosial

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *