Benarkah Banyak Minum Kopi Justru Membuat Cemas ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Apakah anda sering merasa cemas ?. Apakah anda suka minum kopi ?. Jika iya bisa jadi rasa cemas yang sering anda rasakan disebabkan karena terlalu banyak minum kopi. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein pada kopi erat kaitannya dengan stres.

Tahukah anda bahwa dalam kandungan kafein banyak terdapat muatan yang bersifat kecemasan. Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa jika anda sedang merasa cemas, maka mengkonsumsi kafein bisa membuat gejala kecemasan semakin parah.

Mengapa kafein dalam kopi bisa mempengaruhi tingkat stres dan kecemasan seseorang ? Apabila anda tergolong orang yang rentan mengalami gangguan suasana hati, maka kafein bisa menjadi pengaruh yang lebih kuat .

Baca Juga  Benarkah Oral Seks Berbahaya Bagi Kesehatan ?

Pada dasarnya stres dan kecemasan seseorang kuncinya pada hormon yang berhubungan stres seperti kortisol dan adrenalin. Saat kita mengkonsumsi kafein, maka akan berpengaruh pada produksi kedua hormon tersebut.

Kompensasi lain yang dilakukan tubuh yaitu detak jantung menjadi lebih cepat dan irama pernapasan juga ikut cepat. Dengan kompensasi yang dilakukan tubuh tersebut, maka efeknya akan mempengaruhi kecemasan.

Dengan efek yang seperti itu, apakah minum kopi masih disarankan ?. Bagi kebanyakan orang minum kopi masih diperbolehkan namun dengan jumlah yang wajar atau sedang.

Baca Juga  Gangguan Pada Kulit Juga Bisa disebabkan Karena Perubahan Cuaca

Menurut para pakar kesehatan yang terpenting diperhatikan adalah porsinya, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kafein.

Baca Juga : Tips Mengatasi Kecanduan Kopi Yang Berlebihan

Misalnya saja kalau kita mengkonsumsi sebuah kopi dan espresso, maka kandungan kafein yang masuk dalam tubuh sekitar 77 sampai 135. Bukan hanya itu saja, dalam minuman teh juga terkandung kafein sekitar 15 sampai 70 mg.

Nah dengan kandungan kafein yang sebesar itu, maka para pakar menyarankan untuk mengkonsumsi kafein tidak melebihi satu cangkir setiap hari.

Baca Juga  Pengguna Kontak Lensa Wajib Melakukan Kebiasaan Ini

Apabila anda ternyata didiagnosa oleh dokter mengalami suatu gangguan kecemasan yang lebih berat, maka tidak disarankan untuk mengkonsumsi kafein. Hal ini untuk menghindari efek kafein yang membuat cemas menjadi lebih parah.

Artikel Terkait : Tips Mengenali Gejala Overdosis Kafein

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *