Benarkah Banyak Konsumsi Gula Bisa Memicu Munculnya Kanker ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak konsumsi gula ternyata bisa memicu munculnya penyakit kanker. Bagi sebagian besar orang sulit menghindari makanan yang manis. Padahal sudah bukan rahasia lagi kalau makanan manis atau mengandung gula menjadi pemicu kenaikan berat badan dan diabetes. Bahkan penemuan terbaru menyebutkan bahwa makanan manis bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami kanker.

sumber gambar : http://kuntilanakpusing.blogspot.co.id

Dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Nature Cummunications menyebutkan bahwa ada hubungan antara kesukaan mengkonsumsi makanan manis dengan munculnya kanker atau tumor ganas. Mekanisme yang menghubungkan keduanya berhubungan dengan mekanisme bialogi yang terjadi pada tubuh dengan sel ragi yang masuk.

Baca Juga  Punya Badan Gemuk Bisakah Tetap Sehat ?

Dalam penelitian tersebut diketahui dilakukan oleh para ahli selama sembilan tahun. Pada akhirnya mereka menyimpulkan bahwa banyaknya kandungan gula dalam tubuh seseorang akan memicu munculnya reaksi sel kanker. Hal ini disebabkan karena sel kanker yang ada di dalam tubuh akan berkembang dengan lebih cepat dengan adanya glukosa yang berlebih sehingga lebih cepat untuk memperbanyak diri. Dengan bahasa yang lebih sederhana bahwa asupan tinggi gula bagi seorang penderita kanker akan mengakibatkan percepatan atau perkembangan sel kanker.

Baca Juga  Sering Membakar Kalori Bisa Membuat Otak Kita Awet Muda

Meskipun demikian berdasarkan hasil peneltian yang lain dan sudah dipublikasikan dalam jurnal yang bernama The American Journal of Clnical Nutrition menyebutkan bahwa hal ini berbeda saat gula bertemu dengan sel yang sehat atau non kanker. Dalam penelitian tersebut para peneliti tak menemukan adanya hubungan antara kebiasaan konsumsi gula bisa memicu orang sehat mengalami kanker. Namun bagi mereka yang mempunyai berat badan berlebih resiko tersebut lebih besar.

Ini artinya bahwa kebiasaan suka mengkonsumsi makanan manis atau kaya kandungan gula akan meningkatkan seseorang mengalami obesitas yang ternyata meningkatkan resiko terjadinya penyakit kanker. Jadi bukan gula yang bisa memicu munculnya kanker, tetapi faktor obesitas yang meningkatkan resiko besar seseorang mengalami kanker.

Baca Juga  Penularan Virus Zika di Singapura

Baca Juga : Beberapa Mitos Tentang Diabetes Yang Tidak Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *